Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Kamis, 05 November 2015

7 Tips Agar Tubuh Lebih Bugar Saat Bangun Pagi

Bangun pagi memang susah, apalagi jika pada malam harinya anda tidur larut malam karena mengalami insomnia atau mengerjakan tugas. Bangun pagi hampir mustahil anda lakukan. Tetapi bagaimanapun juga aktifitas dan jadwal kerja yang menanti anda, tetap mengharuskan anda bangun pagi. 
 
Tips Agar Tubuh Lebih Bugar Saat Bangun Pagi

Nah, walaupun anda kurang tidur pada malam hari dan masih mengantuk saat bangun, coba lakukan beberapa hal berikut agar tubuh anda lebih bugar dan bersemangat saat bangun, mood pun bisa jadi lebih baik dan ceria :

1. Lakukan peregangan tubuh
Saat anda baru bangun dan merasa sulit untuk membuka mata anda, cobalah paksa tubuh melakukan peregangan. Peregangan seperti ini sangat efektif untuk membuat anda benar - benar terjaga. Kantuk pun bisa menghilang dengan sendirinya.

2. Langsung minum segelas air putih
Ketika anda akan tidur, terlebih dahulu sediakan segelas air putih pada meja di samping ranjang anda. Nah, saat anda bangun pada pagi hari, minumlah segelas air tesebut untuk mengembalikan kelembaban tubuh serta untuk mencegah dehidrasi. Minum segelas air putih juga bisa membantu menstimulasi syaraf serta merangsang pencernan untuk membuang kotoran yang tidak diperlukan tubuh.

3. Tarik nafas dalam - dalam
Saat bangun biasakan juga untuk menarik nafas dalam - dalam kemudian keluarkan dengan perlahan. Cara ini bisa membantu mengumpulkan konsentrasi dan bisa membuang sisa lelah semalam. Tidak hanya itu saja, mengatur nafas dengan tepat juga bisa merilekskan tubuh anda sehingga anda pun bisa jadi lebih tenang saat menjalankan aktifitas di pagi hari.

4. Dapatkan cahaya terang
Agar anda tidak mengantuk dan kembali segar saat bangun pagi, cobalah nyalakan lampu atau pergi keluar kamar agar mendapatkan udara segar di pagi hari. Udara yang bersih dan segar akan membuat anda benar - benar bangun sehingga konsentrasi pun bisa meningkat. Anda pun akan lebih bugar menjalani hari.

5. Dengarkan musik
Mendengarkan musik terutama dengan tempo yang sedang bisa menggiring pagi anda lebih bersemangat. Mendengarkan musik juga bisa menyegarkan pikiran anda. Tapi sebaiknya hindari mendengarkan musik dengan tempo rancak ketika anda baru bangun, karena ini bisa membuat anda merasa bad mood.

6. Segera mandi pagi
Setelah bangun, jangan duduk atau bermalas - malasan saja. Segeralah mandi dengan air dingin segar agar tubuh anda kembali bugar dan penuh semangat. Mandi air hangat sebaiknya saat malam hari saja ketika tubuh membutuhkan relaksasi.

7. Kurangi minuman berkafein
Kebanyakan orang memulai hari biasanya dengan minuman yang berkafein terutama kopi. Padahal minum kopi pada pagi hari justru akan membuat tubuh jadi lemas bahkan mengantuk. Lebih baik hindari kebiasaan ini, dan awalai harimu dengan sarapan yang segar agar bisa membuatmu lebih energik. mengonsumsi jus buah segar misalnya.


Demikianlah 7 tips agar tubuh anda lebih bugar saat bangun pagi. Coba lakukan beberapa tips di atas saat bangun pagi agar anda lebih bermangat menjalani aktifitas di pagi hari. Semoga bermanfaat.
7 Tips Agar Tubuh Lebih Bugar Saat Bangun Pagi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri