7 Langkah Mencuci Muka Yang Efektif Untuk Dapatkan Wajah Bersih Dan Bebas Jerawat

Pneggunaan beragam make up pada wajah jika tidak cocok dan sesuai bisa menimbulkan iritasi serta munculnya jerawat. Belum lagi dengan aktifitas diluar, debu dan polusi akan dengan mudah menempel pada wajah. Melihat kondisi ini, tentu anda tidak boleh melewatkan perawatan yang satu ini, yaitu mencuci muka.

Mencuci Tips Muka Yang Efektif Untuk Dapatkan Wajah Bersih Dan Bebas Jerawat

Ya, mencuci muka merupakan salah satu perawatan yang tidak boleh terlewat untuk mendapatkan wajah yang bersih dan bebas dari jerawat. Mencuci muka juga merupakan cara efektif untuk membantu menghilangkan sisa make up, minyak, debu serta kotoran pada wajah.

Nah, berikut adalah beberapa langkah mencuci muka yang efektif untuk dapatkan wajah bersih dan bebas jerawat, seperti yang dilansir Boldsky.com :

1. Cuci tangan terlebih dahulu
Mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci muka sangat penting dilakukan. Mengingat tangan merupakan tempat paling mudah bagi kuman dan kotoran menempel. Dengan mencucinya terlebih dahulu bisa mencegah bakteri dan kuman tersebut menempel pada wajah. Ingat, kuman dan kotoran juga bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah.

2. Bersihkan make up terlebih dahulu
Make up yang menempel pada wajah anda sepanjang hari tidak serta merta bisa hilang hanya dengan mencuci muka. Jadi lebih baik, bersihkan make up di wajah anda terlebih dahulu dengan make up remover.

3. Scrub dengan lembut
Menggosok dengan sabun berbutiran kecil yang kasar untuk menghilangkan sel kulit mati, bukanlah cara yang salah. Tetapi juga tidak disarankan terlalu sering scrub saat mencuci muka. Jika ingin scrub, lakukan dengan lembut dan perlahan.

4. Gunakan air hangat
Jika ingin mencuci muka sebaiknya dengan air hangat saja. Air hangat bisa membuka pori - pori sehingga memudahkan mengeluarkan debu dan kotoran yang menempel pada wajah. Tapi sebaliknya, jika anda ingin mengecilkan pori - pori gunakan air dingin pada bilasan terakhir. Kondisikan air jangan terlalu panas sebab bisa merusak pembuluh darah di wajah.

5. Cuci muka setelah keramas
Mencuci muka setelah keramas juga perlu anda lakukan. Sebab sisa - sisa produk perawatan rambut akan menempel pada wajah dan bisa memicu munculnya jerawat. 

6. Cuci wajah dua kali sehari
Untuk mengurangi kelebihan minyak pada wajah, untuk mencegah jerawat serta mengurangi sel kulit mati, cucilah wajah anda dua kali sehari.

7. Gunakan pelembab setelah cuci muka
Langkah ini juga jangan anda lewatkan, gunakan pelembab setelah anda mencuci muka. Sebab, pelembab lebih efektif digunakan pada wajah yang masih lembab terutama setelah mencuci muka. 

Demikianlah 7 langkah mencuci muka yang efektif untuk dapatkan wajah bersih dan bebas jerawat. Paling tidak lakukan hal ini dua kali sehari ya, ladies? Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus