5 Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat memang sangat mengganggu, terlebih jika hal ini terjadi saat anda akan beranjak tidur. Hidung yang mampet akan membuat anda kesulitan bernafas, akibatnya tidur anda pun akan terasa tidak nyaman. Kondisi ini biasanya terjadi apabila anda mengalami gejala flu.

Saat anda mengalami hidung tersumbat, hal pertama yang mungkin akan anda lakukan adalah mencoba membuang ingus di dalamnya. Padahal kebiasaan ini justru salah dan bisa memperburuk penyakit karena lendir akan masuk ke paru - paru sehingga bisa menyebabkan infeksi.

Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Tenang saja, jika anda mengalami masalah seperti ini coba lakukan beberapa cara mudah untuk mengatasi hidung tersumbat berikut ini :

1. Bawang
Salah satu bumbu dapur ini bisa anda gunakan untuk membantu mengatasi hidung tersumbat. Caranya sangat mudah, cukup dengan mengiris sepotong bawang kemudian endus baunya selama 5 menit. Dengan in anda akan bisa bernafas lega. Hal ini dkarenakan bawang merupakan dekongestan alami yang bertindak sebagai katalis untuk mengeluarkan cairan untuk membersihkan hidung anda.

2. Minum air hangat yang banyak
Minuman hangat atau panas seperti teh atau kopi juga bisa membantu meredakan hidung tersumbat. Uap yang dikeluarkan dari minuman hangat tersebut akan membantu mengencerkan lendir sehingga anda akan bisa bernafas lega.

3. Tidur dengan kepala ada pada posisi tinggi
Ketika anda mengalami hidung tersumbat, saat berada ditempat tidur selalu usahakan menjaga kepala anda di posisi tinggi. Hal ini akan membantu mengurangi pembentukan lendir sehingga anda pun bisa tidur dan bernafas lega.

4. Konsumsi makanan pedas
Mengonsumsi makanan pedas yang biasanya di dalamnya terdapat senyawa kimia yang disebut capcaisin akan membantu membersihkan rongga hidung anda.

5. Menghirup uap
Cara ini paling sering dilakukan banyak orang. Saat hidung anda tersumbat, cobalah ambil air panas kemudian tambahkan beberapa tetes mint ke dalamnya. Tutup kepala anda dengan handuk lalu hirup uap panas dari air tersebut untuk membantu meredakan hidung anda yang tersumbat. 


Demikianlah cara mudah mengatasi hidung tersumbat yang bisa anda lakukan. Jika belum mereda dan flu anda semakin menjadi, segeralah konsumsi obat flu untuk mengatasinya.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus