4 Tips Menjaga Kesehatan Saat musim Hujan Tiba

Tidak terasa, musim kemarau sudah memasuki masa penghujung dan berganti musim hujan. Perubahan cuaca saat kemarau yang sangat panas menjadi dingin saat musim hujan, bisa memberi dampak bagi kesehatan seseorang. Mengingat setiap orang mempunyai ketahanan sistem imun yang berbeda, saat musim hujan tiba beberapa orang terkadang mengalami penurunan kesehatan.

Tips Menjaga Kesehatan Saat musim Hujan

Nah, untuk menghindari menurunnya kesehatan saat musim hujan, tentu anda harus pandai - pandai menjaga kesehatan anda agar tidak gampang sakit. Untuk mencegahnya, coba lakukan beberapa tips berikut agar anda selalu sehat dan fit walau hujan turun terus menerus.

1. Banyak minum air
Saat cuaca dingin, anda memang tidak akan mengalami rasa haus. Tetapi minum air putih yang cukup tetap harus anda lakukan agar tubuh selalu terhidrasi. Hal ini sangat penting dilakukan agar sistem imun anda selalu terjaga dan tidak cepat turun. Anda pun tidak gampang lesu.

2. Menjaga porsi makan tetap ringan
Cuaca yang dingin membuat orang gampang merasa lapar dan beberapa orang mungkin akan mengalami penambahan nafsu makan. Hal ini jangan lantas menjadikan anda untuk makan sembarangan. Ingat, saat musim hujan sistem pencernaan menjadi lebih rentan jadi sebaiknya jangan sembarang ketika mengonsumsi makanan.

3. Jaga kebersihan diri
Selama musim hujan, perilaku hidup bersih seperti rajin mencuci tangan dan etika kebersihan saat sedang batuk dan flu perlu anda tingkatkan. Begitu juga dengan kebersihan di lingkungan anda, harus anda perhatikan.

4. Jangan malas
Saat musim hujan, cuaca tidak bisa diprediksi. Hujan bisa datang kapan saja. Tapi jangan lantas hujan membuat anda jadi malas. misalnya, ketika hujan turun dipagi hari, cuaca yang dingin dan mendung terkadang membuat anda ingin tetap berada di balik selimut. Sebaiknya anda tetap bangun dan mulai aktifitas anda dengan berolahraga ringan di dalam ruangan.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan saat musim hujan tiba. Jangan lupa, terapkan juga pola makan sehat agar sistem imun anda selalu terjaga. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi