Lakukan 5 Hal Ini Jika Terlanjur Memencet Jerawat

Jerawat memang bisa membuat anda jengkel. Kehadirannya yang tidak diharapkan, terkadang membuat anda ingin segera membuangnya. Tidak heran jika ada beberapa orang cenderung memencet jerawat yang muncul karena merasa mengganggu penampilan. Padahal, menurut beberapa ahli perawatan kulit, memencet jerawat sangat tidak disarankan karena bisa memicu infeksi pada wajah. Belum lagi dengan akibat setelahnya seperti bekas hitam, sangat susah dihilangkan.

Lakukan 5 Hal Ini Jika Terlanjur Memencet Jerawat

Jika anda mengalami hal ini dan terlanjur memencet jerawat tersebut, coba lakukan beberapa hal ini untuk mengurangi infeksi dan kotoran pada wajah anda :

1. Kompres dengan air hangat
Jika anda terlanjur memencet jerawat hingga keluar, segeralah kompres bagian jerawat tersebut dengan kain yang hangat selama beberapa menit. Dengan mengompres seperti ini, maka bisa membantu menenangkan area radang dan meredakan sakit setelah anda memencet jerawat.

2. Bersihkan wajah dengan sabun
Ketika jerawat dipencet, maka pori atau bekasnya pun akan terbuka lebar sehingga bisa menyebabkan infeksi. Untuk menghindari infeksi, bersihkan muka anda dengan sabun antibakteri untuk membasmi kuman dan menjaga wajah anda tetap bersih.

3. Gunakan asam salicylic
Setelah dipencet, anda tentu tidak menginginkan jerawat muncul kembali, bukan? Coba gunakan asam salicylic, ini akan membantu menghindarkan anda dari munculnya kembali jerawat.

4. Aplikasikan krim anti iritasi
Untuk menjaga luka bekas jerawat tetap bersih serta untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat, cobalah gunakan krim anti iritasi seperti Neosporin atau produk anti iritasi lainnya.

5. Gunakan perban kecil untuk menutup area jerawat
Untuk menjaga luka bekas jerawat akibat dipencet tadi agar tetap bersih dan tidak terkontaminasi dengan udara kotor, tutuplah jerawat dengan perban khusus untuk jerawat.

Baca juga :

Nah, memang sebaiknya jerawat yang muncul pada wajah tidak dipencet karena bisa memicu infeksi atau masalah kulit lainnya. Jika anda terlanjur memencetnya, lakukan saja 5 perawatan diatas. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus