Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Senin, 05 Oktober 2015

Inilah 4 Bahaya Tato Bagi Kesehatan

Sekarang ini, tato sudah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang, terlebih anak muda. Tidak heran jika mereka rela men-tato beberapa bagian tubuhnya, walaupun hanya untuk ikut - ikutan atau mengikuti tren saja. Rasa sakit waktu di Tato terbayar dengan puas setelah gambar yang dinginkan terukir jelas pada kulit mereka.

Pada sebagian orang, tato mungkin menggambarkan stigma buruk yang mencerminkan kepribadian seseorang. Ya, walaupun pengguna tato hanya menganggap sebagai bagian dari seni saja, tetap saja persepsi negatif seperti itu tersemat pada mereka.

Bahaya Tato Bagi Kesehatan

Bicara mengenai tato, tahukah anda bahwa men-tato bagian tubuh ternyata bisa menimbulkan resiko kesehatan seperti alergi dan hepatitis C. Hal ini bisa terjadi jika mereka tidak cocok dengan bahan kimia dalam tinta tato yang digunakan. Tidak hanya itu saja, tato ternyata masih bisa memberi beberapa bahaya bagi kesehatan lainnya, seperti berikut yang blog ini lansir dari detik.com :

Bahaya tato bagi kesehatan

1. Alergi
Seperti yang disebutkan diatas, alergi bisa menjadi masalah pertama bagi yang men-tato bagian tubuhnya. Walaupun pada saat pertama kali hal ini tidak terjadi, bukan berarti pada saat membuat tato berikutnya akan aman lagi. Pada banyak kasus, reaksi laergi baru muncul pada pembuatan tato kedua atau seterusnya, atau dari tato yang sama tapi baru muncul alergi beberapa tahun berikutnya. 

2. Kulit terbakar matahari
Pada beberapa jenis tinta tato terdapat diantaranya yang mengandung cadmium. Kandungan ini bisa meningkatkan resiko kulit terbakar akibat paparan sinar matahari. Beberapa tinta yang dilaporkan bisa memicu reaksi ini terutama yang berwarna kuning, hitam, merah serta biru.

3. Infeksi
Bahaya tato bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa menyebabkan infeksi. Bahkan, proses pembuatan tato yang tidak steril sering dikaitkan dengan resiko penularan infeksi HIV dan hepatitis C. Infeksi yang terakhir, disebutkan bisa memicu sirosis atau pengerasan hati dan berkembang menjadi kanker.

4. Menyamarkan gejala penyakit
Penggunaan tinta tao yang menutupi kulit terkadang menutupi adanya perubahan yang terjadi pada kulit. Padahal beberapa penyakit kanker seperti melanoma, karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa hanya bisa dideteksi dari perubahan tekstur yang terjadi pada permukaan kulit.

Itulah 4 bahaya tato bagi kesehatan. Jadi, sebelum anda memutuskan untuk men-tato bagian tubuh anda, perhatikan juga bahaya kesehatan yang bisa ditimbulkannya. Semoga bermanfaat.
Inilah 4 Bahaya Tato Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri