7 Bahaya Wifi Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Di jaman yang serba praktis ini, kebutuhan akan internet tidak bisa dihindarkan. Apalagi di dukung dengan kehadiran gadget - gadget portabel seperti laptop serta handphone, koneksi dimanapun sangat dibutuhkan. Untuk koneksinya pun tidak melulu hanya mengandalkan paketan atau internet modem, layanan hotspot gratisan seperti wifi menjadi alternatif yang memudahkan setiap orang untuk tersambung ke dunia maya. Bisa anda lihat, di semua tempat umum seperti bandara, sekolah, kantor bahkan rumah sakit tersedia layanan ini.

Bicara mengenai wifi, tahukah anda bahwa layanan nirkabel ini ternyata bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan wifi menggunakan modem dan router dimana alat - alat tersebut memancarkan sinyal yang berisikan radiasi elektromagnetik. Seperti yang kita ketahui, radiasi semacam ini bisa mempengaruhi kesehatan anda.

Bahaya Wifi Bagi Kesehatan

Nah, berikut ini adalah beberapa bahaya wifi bagi kesehatan, seperti yang blog ini lansir dari Boldsky.com yang perlu anda ketahui :

1. Menyebabkan impotensi
Jika anda gemar berselancar di dunia maya dengan menggunakan jaringan wifi, mulai saat ini kurangilah kegiatan ini. Pasalnya paparan radiasi yang dipancarkan oleh jaringan wifi dapat mempengaruhi pergerakan sperma serta DNA. Efeknya memang tidak akan kelihatan secara langsung, tapi dalam jangka panjang, paparan wifi dalam frekuensi terlalu sering bisa mempenagruhi kesuburan laki - laki, bahkan bisa meningkatkan resiko impotensi.

2. Penurunan fungsi otak
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa radiasi dari pancara wifi bisa berdampak pada fungsi otak anak - anak. Terlebih lagi hampir banyak sekolah yang menyedian titik hotspot ini. Bagi orang dewasa, paparan radiasi dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan hilangnya konsentrasi.

3. Insomnia
Beberapa peneltian lainnya menyebutkan bahwa mereka yang terkena radiasi mungkin akan merasa sulit untuk memejamkan mata ketika malam hari. Karena itulah, untuk meminimalisir resiko ini, banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk mematikan modem atau router di rumah pada saat akan tidur.

4. Menurunkan energi
Sebuah studi yang baru - baru ini dilakukan pada 30 perempuan menunjukkan bahwa mereka yang terkena radiasi selama lebih dari satu jam dapat menurunkan fungsi otak serta energi tubuh.

5. Sakit kepala
salah satu bahaya wifi bagi kesehatan adalah bisa menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala ini terjadi karena reaksi paparan berlebihan dari radiasi yang berasal dari wifi. Meskipun bukanlah hal yang berbahaya, tetapi dalam jangka panjang sangat tidak baik untuk kesehatan otak anda.

6. Memperlambat pertumbuhan sel
Paparan radiasai baik yang dipancarkan oleh wifi maupun ponsel, menurut para ilmuwan dapat mempengaruhi pertumbuhan sel dan pemulihan dalam tubuh manusia.  Untuk menghindari hal ini, salah satunya cara adalah dengan meminimalisir penggunaannya.

7. Berbahya bagi ibu hamil dan anak
Sebuah studi mengungkapkan bahwa paparan radiasi elektromagnetik dapat mempengaruhi perkembangan janin. Karena itulah, jika anda sedang hamil atau memiliki bayi, sebaiknya berpikir ulang untuk mengaktifkan jaringan wifi di rumah anda.

Demikianlah bahaya wifi bagi kesehatan yang sebaiknya anda ketahui. Untuk meminimalisir radiasi dari wifi, sebaiknya anda batasi penggunaan layanan seperti ini. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus