6 Rahasia Hidup Sehat Tanpa Terserang Penyakit

Setiap orang tentu menginginkan agar bisa selalu sehat tanpa terserang penyakit sepanjang waktu. Tidak mudah memang, sebab kesehatan sangat dipengaruhi dari gaya hidup seseorang. Makanan yang dikonsumsi pun bisa menjadi memberi kontribusi besar bagi kesehatan anda.

Karena itulah, jika ingin sehat sepanjang waktu tentu anda harus menerapkan pola makan sehat serta gaya hidup yang sehat pula. Hal ini sebenarnya mudah, hanya kebanyakan orang mengabaikan dan menganggapnya sepele. Setelah sakit, biasanya mereka baru menyadari dan menyesalinya.

rahasia hidup sehat sepanjang waktu

Nah, jika anda ingin selalu sehat tanpa terserang penyakit, rahasianya adalah hanya dengan melakukan beberapa hal berikut ini :

1. Tidur yang cukup dan teratur
Kebutuhan tidur yang ideal berkisar 8 jam setiap malamnya. Tidur yang cukup pada malam hari bisa membantu tubuh dalam melakukan regenerasi sel, perbaikan serta mengatur hormon yang dapat membuat tubuh tidak mudah terkena infeksi. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur 7 - 8 jam setiap malam cenderung kurang terkena sakit demam dibandingkan dengan mereka yang jam tidurnya kurang.

2. Konsumsi makanan sehat
Jika anda ingin selalu sehat sepanjang waktu, konsumsilah makanan sehat untuk menutrisi tubuh anda. Simpel bukan? Konsumsilah makanan sehat terutama yang banyak mengandung antioksidan ubi jalar, jeruk, almond dan buah anggur. Makanan seperti ini mampu memperbaiki sel - sel tubuh yang rusak serta mampu memerangi kuman dan bakteri.

3. Jaga kesehatan usus
Usus memegan peranan penting bagi kesehatan anda terutama untuk menjaga sistem imun tubuh. Nah, untuk menjaga kesehatan usus anda cobalah konsumsi minuman yang mengandung bakteri baik seperti prebiotik. Salah satu pilihannya adalah yougurt.

4. Rajin mencuci tangan
Ingat, tangan dan kuku anda adalah tempat paling mudah bagi bakteri dan kuman penyebab penyakit menempel dan bersarang. Untuk menjaga kebersihan tangan dan kuku anda, rajin - rajinlah cuci tangan serta potong kuku. Paling tidak, cucilah tangan sebelum dan sesudah makan atau sehabisa dari toilet. Walaupun terkesan sederhana, cara ini bisa mengurangi resiko penyakit 15 - 20 persen.

5. Bersosialisasi dengan semua orang
Pekerjaan yang menumpuk dan menuntut anda segera menyelesaikannya bisa membuat anda stres. Belum lagi dengan masalah lainnya, bisa membuat anda makin depresi. Hadapi dengan santai, sesekali berkumpulah dengan keluarga, atau teman anda. Dukungan sosial seperti ini bisa membantu meredakan stres anda. Ketika stres berkurang, resiko terkena virus yang sebabkan sakit pun turut menurun. Jika anda ada waktu, berefreshinglah dengan berlibur ke pantai atau tempat yang bisa menenangkan.

6. Berlatih yoga
Sebuah studi mengungkapkan bahwa yoga santai dan lembut ditambah dengan latihan bernafas mampu memperkuat fungsi kekebalan tubuh setelah dua jam pasca latihan.

Demikianlah 6 rahasia hidup sehat tanpa terserang penyakit. Sangat sederhana,  bukan? Yuk, terapkan hal tersebut agar anda bisa terbebas dari segala penyakit dan sehat sepanjang waktu.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus