5 Kulit Buah Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Ketika mengonsumsi buah - buahan, kebanyakan orang akan mengupas dan membuang kulitnya. Mereka menganggap kulit buah hanyalah sampah yang tidak berarti apa - apa. Sangat disayangkan, mereka tidak menyadari bahwa beberapa jenis buah memiliki kandungan nutrisi yang baik pada kulitnya yang justru sangat bermanfaat untuk kesehatan.


Nah, berikut ini adalah beberapa kulit buah yang bermanfaat untuk kesehatan yang sebaiknya anda ketahui :

1. Kulit bagian dalam semangka
Kulit semangka yang tebal pada bagian dalamnya yang berwarna putih dan terdekat dengan daging buah merupakan sumber vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin A, beta karoten, zat besi, kalsium, lycopene serta seng yang sangat baik untuk kesehatan. Sayangnya, hampir tidak ada orang yang mengetahui hal ini. Jadi, mulai saat ini jangan buang bagian tesebut saat anda mengonsumsi buah semangka.


2. Kulit lemon
Berbeda lagi dengan lemon, walaupun kulitnya sangat pahit jika dikonsumsi. Tapi dibalik rasanya yang pahit tersebut, kulit lemon justru sangat berkhasiat bagi kesehatan terutama untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan sirkulasi darah, meredakan kram serta menguatkan sistem kekebalan tubuh. Bagusnya lagi, saat ini kulit lemon bisa anda dapatkan dalam bentuk olahan makanan seperti manisan. Jadi, anda tidak perlu khawatir  lagi dengan rasanya yang pahit.

3. Kulit kiwi
Buah kiwi diketahui menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya buahnya saja, kulit buahnya pun juga memiliki manfaat yang menakjubkan pula. Kulit kiwi diketahui mengandung mineral dan antioksidan yang mampu menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Kulit buah ini juga terbukti mampu menyehatkan jantung dan dapat dinikmati dalam bentuk salad dan smoothies.

4. Kulit apel
Sebagian orang terkadang mengupas buah apel dan membuang kulitnya sebelum mengonsumsinya. Padahal, kulitnya buah ini sangat kaya akan gizi yang baik untuk tubuh. Kulit apel diketahui mengandung vitamin A yang mampu memperbaiki pertumbuhan sel dan penglihatan . Tidak hanya vitamin A, kulit apel juga mengandung vitamin C yang mampu memperkuat sistem imun tubuh serta bisa meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit agar tetap sehat.Selain itu, kulit apel juga mengandung mineral, serat dan antioksidan yang kaya akan manfaat untuk kesehatan.


5. Kulit jeruk
Tahukah anda, kulit jeruk ternyata bisa dimanfaatkan untuk mual, kembung bahkan untuk mengobati mastitis atau pembengkakan payudara karena ASI yang berlebihan. Selain itu, kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin C, antioksidan, vitamin B6, serat serta fruktosa juga baik untuk kesehatan anda. 

Itulah beberapa kulit buah yang bermanfaat untuk kesehatan. jadi, mulai saat ini jangan buang semua kulit buah diatas ya? Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi