5 Gejala Penyakit Yang Bisa Dideteksi Dari Kesehatan Mata

Pernahkah anda mengalami masalah mata seperti iritasi atau mata merah? Mungkin anda akan menganggapnya sebagai masalah sepele yang akan sembuh dengan sendirinya, atau paling tidak anda menggunakan obat tetes mata untuk mengatasinya. Meskipun terkesan sepele, tetapi anda jangan meremehkannya. Sebab, terdapat beberapa penyakit serius yang bisa anda ketahui hanya dengan melihat kondisi mata.

Gejala Penyakit Yang Bisa Dideteksi Dari Kesehatan Mata

Seperti yang dilansir Time Of India, Berikut ini adalah beberapa gejala penyakit yang bisa dideteksi melalui kesehatan mata :

1. Anemia
Jika anda melihat bagian dalam kelopak mata bawah anda terlihat pucat, bisa jadi itu pertanda anemia. Walaupun masalah ini bisa anda atasi dengan mengonsumsi suplemen zat besi, tetapi dapat menjadi pendarahan internal, sehingga lebih baik segera perikasakan ke dokter.

2. Tekanan darah tinggi
Banyak penyebab yang bisa membuat mata merah seperti kemasukan debu ataupun yang lainnya. Tapi bisa jadi kondisi tersebut juga pertanda tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat membuat pembuluh darah ini muncul sehingga menyebabkan mata merah. Seperempat orang dewasa dengan tekanan darah tinggi tidak mengetahui kondisi ini yang dapat menyebabkan stroke.

3. Masalah hormon Tiroid
Mata yang terlihat tampak menonjol menunjukkan bahwa ada masalah tiroid yang terlalu aktif dalam tubuh anda. Jika hormon tiroid anda berada dalam tingkat abnormal menyebabkan jaringan di sekitar mata menjadi bengkak, kondisi ini membuat mata seakan tampak menonjol keluar.

4. Penyakit hati
Berbeda lagi dengan kondisi mata seperti ini, Masalah hati seperti hepatitis dan sirosis disinyalir dapat mengubah bagian putih anda berwarna kuning. Perubahan warna ini terjadi karena disebabkan oleh bilirubin, yaitu sebuah zat kimia yang terjadi akibat pecahnya hemoglobin yang membawa oksigen molekul dalam sela darah merah.

5. Kolesterol tinggi
Jika anda mendapati munculnya cincin di sekitar iris mata anda, bagian berwarna dari mata bisa menjadi pertanda bahwa kadar kolesterol di dalam tubuh anda sangat tinggi.


Itulah 5 Gejala penyakit yang bisa dideteksi dari kesehatan mata. Jika anda mengalami hal tersebut, jangan menyepelekannnya. Lakukan tindakan medis dengan memeriksakannya pada dokter. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi