4 Langkah Pertolongan Pertama Untuk Atasi Demam

Demam merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi dan dialami banyak orang. Penyebabnya bisa beragam mulai dari infeksi ringan hingga parah, terlalu lama berada dibawah sinar matahari atau karena penyakit tertentu seperti hipertiroidisme dan artritis.

Sebagian orang mungkin akan mengabaikannya karena demam yang mereka derita akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Tetapi jika demam yang diderita makin parah, obat - obatan penurun panas mungkin akan mereka konsumsi. Tentu penggunaan obat tersebut harus sesuai dengan dosis yang disarankan.

Pertolongan Pertama Untuk Atasi Demam

Ingat, penyakit ini bisa datang kapan saja tanpa anda duga. Jika anda mengalaminyanya, jangan panik, lakukann beberapa langkah pertolongan pertama ini untuk mengatasi demam yang anda derita :

1. Atur suhu udara ruangan
Saat anda demam, Jika menggunakan AC suhu ruangan dimana anda berada harus disesuaikan. Jangan terlalu tinggi dan jangan pula terlalu dingin. Saat suhu ruangan tinggi maka bisa membuat tubuh anda gerah, akibatnya tubuh akan memproduksi keringat berlebih sehingga bisa membuat anda dehidrasi. Sebaiknya, pastikan suhu ruangan anda berada dikisaran 20 - 25 derajat Celcius.

2. Minum banyak air putih
Ketika anda demam, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak minum air putih. Jika sampai anda dehidrasi maslah justru bisa memicu sakit kepala, suhu tubuh yang semakin naik, pusing, kram otot bahkan kejang - kejang. Paling tidak untuk orang dewasa takarannya adalah 2 liter perhari. Hindari juga minuman berkafein karena yang terbaik untuk tubuh ketika demam adalah air putih.

3. Kompres air hangat
Kebanyak orang sudah menerapkan kompres air hangat ketika mereka terserang demam. Mengompres dengan air hangat bisa menjaga suhu tubuh stabil kembali dan bisa melancarkan sirkulasi darah anda. Caranya pun sangat mudah, rendam handuk kecil dalam air hangat, peras kemudian letakkan diatas kening ataupun dibawah ketiak anda.

4. Gunakan baju yang tepat
Pakaian yang anda gunakan juga bisa mempengaruhi demam yang anda derita. Saat demam janganlah menggunakan pakaian yang bertumpuk yang justru bisa membuat anda gerah. Gunakan saja baju longgar dan nyaman. Pastikan sirkulasi udara dalam tubuh anda tetap lancar.

Demikianlah 4 langkah pertolongan pertama untuk atasi demam. Jika anda merasa demam yang di derita makin parah dan tidak kunjung mereda, lebih baik periksakan kondisi tersebut pada dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus