4 Kondisi Tubuh Ini Bisa Menandakan Kesehatan Anda

Perubahan pada tubuh yang terkadang terlihat sepele ternyata bisa menandakan kondisi kesehatan anda. Anda mungkin pernah mengalami rambut yang semakin menipis atau kulit mengering, dan menganggapnya biasa saja. Padahal, apa yang terlihat diluar tersebut sangat erat kaitannya dengan kondisi yang terjadi dalam tubuh anda.

Kondisi Tubuh Ini Bisa Menandakan Kesehatan Anda

Nah, berikut ini adalah beberapa kondisi tubuh yang sebaiknya diperhatikan karena bisa menandakan kondisi kesehatan anda:

 1. Kulit bersisik merah
Pernahkah anda melihat kulit anda terdapat bercak merah mnyerupai sisik? Terkadang orang menganggap itu adalah biang keringat sehingga menganggapnya sepele. Jika anda menemukan hal ini pada kulit anda sebaiknya perlu mewaspadainya, bisa jadi itu merupakan psoriasis. psoriasis merupakan suatu penyakit kulit yang diakibatkan karena adanya gangguan autoimun yang dapat muncul pada segala umur dan dihubungkan dengan inflamasi atau peradangan. Gejala dari penyakit ini biasanya berupa luka yang terdapat di kulit kepala, siku, serta lutut. Bahkan menurut penelitian terbaru, psoriasis yang parah dihubungkan dengan penyakit kardiovaskular.

2. Rambut tipis
Jika anda bermasalah dengan rambut anda seperti mudah rontok sampai menipis, ini menandakan ada gangguan pada kalenjar tiroid (hypodtyroidism). Waktu kalenjar tiroid kurang aktif, banyak folikel rambut akan istirahat. hal ini menyebabkan proses pertumbuhan rambut yang melambat. Selain itu, rambut tipis juga disebabkan oleh rendahnya hormon estrogen. Bagi perempuan menupause, multi komplek B dan kolagen bisa mengatasi masalah ini.

3. Kulit kering dan kotor
Kulit kering memang bisa mengganggu penampilan, tapi masih bisa diatasi dengan menggunakan lotion pelembab. Tapi tahukah anda, kulit kering ternyata bisa menjadi indikator kesehatan anda, lho. Jika anda mengalami hal ini itu menandakan bahwa anda kekurangan omega-3. Asam lemak omega 3 ini membantu melindungi kulit dari perkembangan inflamasi. Karena itulah, jika anda kekurangan omega 3 maka kulit akan menjadi kering, gatal bahkan terlihat kotor.

4. Jerawat membandel
Munculnya jerawat pada wajah mungkin anda anggap sebagai masalah kulit biasa. Jika jerawat tersebut membandel dan susah dihilangkan, itu artinya ada yang bermasalah dengan kesehatan anda. Bisa dipastikan tubuh anda mengalami ketidakseimbangan hormon. Ketika tingkat estrogen dan progesteron menurun, ketidakseimbangan hormon dapat mendorong produksi minyak penyumbat pori.


Itulah 4 kondisi tubuh yang menandakan kondisi kesehatan anda yang sebaiknya anda waspadai. Walaupun terkesan sepele, bukan berarti anda lantas mengabaikannya. Jika dibiarkan tentu kondisi tersebut bisa memberi efek buruk bagi kesehatan anda dikemudian hari. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus