4 Jenis Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Saat Menstruasi

Saat menstruasi datang, biasanya wanita cenderung mengalami mood yang buruk, emosi meluap - luap bahkan yang lebih parah adalah nyeri dan kram pada perut. Suasana hati mereka biasanya sulit dikendalikan. Itulah mengapa tidak jarang wanita terlihat sering marah - marah saat menstruasi.

Istirahat yang cukup sangat diperlukan saat menstruasi datang agar tubuh bisa selalu dalam kondisi stabil. Selain itu, perhatikan juga makanan yang anda konsumsi. Salah mengonsumsi makanan justru bisa membuat menstruasi lebih menyiksa anda.

Jenis Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Saat Menstruasi

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk anda konsumsi saat menstruasi :

1. Makanan yang terlalu manis
Saat anda menstruasi, mengonsumsi makanan yang terlalu manis seperti permen, soda serta yang lainnya sangat tidak disarankan. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan gula pada makanan tersebut justru akan membuat tubuh terasa tidak nyaman. Jika anda memaksakan, resiko kram perut juga akan makin menyiksa anda. Jadi sebaiknya, anda batasi konsumsi makanan yang manis - manis tersebut.

2. Makanan berkafein
Sama halnya dengan makanan yang manis - manis, makanan yang juga harus anda hindari saat menstruasi adalah makanan yang mengandung kafein. Kafein akan membatasi dan membuat peredaran darah jadi kurang lancar. Selain itu, tubuh bisa mengalami dehidrasi dan membuat anda merasa cemas dan pusing.

3. Makanan cepat saji
Makanan cepat saji umumnya mengandung lemak trans yang bisa membuat hormon estrogen menjadi naik. Nah, kondisi ini bisa memicu nyeri pada perut. Untuk menghindari hal ini, jadi lebih baik kontrol diri anda dari semua godaan makanan cepat saji tersebut.

4. Makanan kalengan serta gorengan
Makanan kalengan memang sangat praktis dan mudah diolah, tapi sayangnya jenis makanan ini mengandung sodium yang sebaiknya dihindari saat anda menstruasi. Sodium bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi serta mampu membatasi penyerapan air dalam tubuh. Begitu juga dengan gorengan, makanan ini kaya akan lemak dan minyak sehingga mampu meningkatkan produksi hormon estrogen dalam tubuh. Hormon ini bisa menyebabkan nyeri dan kram pada perut jika jumlahnya tidak stabil.

Baca juga :
Itulah 4 makanan yang sebaiknya dihindari saat menstruasi. Ya, walaupun makanan tersebut terlihat menggoda dan menggugah selera anda, lebih baik jauhi terlebih dahulu. Saat menstruasi sudah selesai, anda baru bisa melampiaskannya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus