Masalah Kesehatan Yang Bisa Diketahui Dari Kondisi Rambut

Pernahkah anda mendapati rambut anda rontok, mudah patah, berminyak bahkan terlihat kusam? Anda mungkin akan menganggap masalah tersebut adalah hal yang sepele. Ya, meskipun terlihat sepele, tetapi anda jangan menyepelekannya. Perubahan pada rambut tersebut karena bisa jadi kesehatan anda sedang mengalami gaangguan.

Masalah Kesehatan Yang Bisa Diketahui Dari Kondisi Rambut
Nah, berikut ini adalah kondisi serta perubahan pada rambut yang sebaiknya anda waspadai, karena sangat berkaitan dengan kondisi kesehatan anda :

1. Rambut rontok
Rambut rontok memang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anda. Tetapi jika kategori rontok pada rambut anda sudah parah, anda perlu mewaspadainya. Kondisi ini menandakan bahwa ada yang tidak beres dengan tubuh anda, seperti anemia, kekurangan zat besi, vitamin B6, magnesium dan Zink.

2. Rambut berminyak
Kondisi rambut yang berminyak juga bisa menggambarkan kesehatan tubuh anda. Saat rambut berminyak itu menunjukkan bahwa anda sedang kekurangan zink, asam folat serta vitamin B6.

3. Rambut beruban saat usia dini
Uban adalah hal yang wajar dan umumnya dialami oleh orang yang sudah tua. Nah, jika rambut anda beruban sedangkan umur anda masih belia, kondisi ini menandakan bahwa anda sedang mengalami stres, masalah hormon, kekurangan vitamin B, tembaga dan asam folat.

4. Rambut kering dan rapuh
Saat musim kemarau, cuaca yang panas serta sengatan sinar matahari memang bisa membuat rambut anda kering, rapuh bahkan mudah patah. Selain karena faktor tersebut, rambut kering dan rapuh juga mengindikasikan bahwa anda kekurangan protein, vitamin A, zink, asam lemak essensial dan hormon tiroid.

5. Rambut kasar
Pernahkah anda merasa kalau rambut anda kasar, tidak halus dan terlihat kusam. Jika iya, hal itu berarti anda sedang kekurangan asupan protein, vitamin A dan hormon tiroid.

6. Masalah kulit kepala lainnya
Masalah kulit kepala seperti ketombe, seborrhea, psoriasis juga bisa mengmbarkan kondisi kesehatan anda. Masalah kulit kepala seperti ini biasanya disebabkan karena infeksi jamur, kekurangan vitamin B, zink, asam lemak essensial bahkan karena pengaruh stres.

Baca juga :
Itulah masalah kesehatan yang bisa diketahui dari kondisi rambut anda. Selain mempengaruhi penampilan, rambut anda juga cerminan dari kesehatan anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus