Manfaat Buah Bagi Kesehatan Berdasarkan Warnanya

Pernahkah anda mengamati warna buah - buahan yang anda konsumsi? Tentu buah - buahn tersebut memilik warna kulit dan buah yang berbeda, bukan? Mungkin hampir tidak ada orang yang memperhatikan buah yang dikonsumsi, padahal dibalik perbedaan warnanya itu ternyata buah - buahan tersebut mempunyai manfaat yang berbeda - beda pula.

dr. Grace Judio Kahl, seorang pakar gizi saat menjadi tamu media Jakarta Food Editor club yang dihelat oleh Unilever baru - baru ini memaparkan bahwa kandungan phytonutrient pada buahlah yang bertanggung jawab untuk memberi warna, aroma bahkan rasa pada buah dan sayuran. Setiap buah yang berwarna seperti warna merah, kuning, biru, hijau, ungu dan oranye memiliki manfaat kesehatan yang berbeda - beda.

Manfaat Buah Bagi Kesehatan Berdasarkan Warnanya

Beliau menambahkan, masing - masing warna tersebut memilik manfaat yang berbeda. Mengonsumsi phytonutrient bisa meningkatkan sitem kekebalan tubuh dan mengurangi resiko penyakit degeneratif seperti jantung koroner ataupun hipertensi.

Lalu, apa saja manfaat warna tersebut? Seperti yang katakan dr. Grace, berikut penjelasannya :

1. Oranye
Buah - buahan dengan warna oranye sangat mudah ditemui. Beberapa diantaranya seperti wortel, labu serta buah pepaya. Umumnya, buah - buahan dengan warna oranye tersebut mengandung phytonutrient berupa beta karoten yang bermanfaat mengurangi degenerasi makula retina, meminimalisir penyakit prostat, menurunkan tekanan darah serta mengurangi pertumbuhan tumor.

2. Merah
Untuk buah dengan warna merah anda bisa menemukannya pada tomat dan semangka. Buah - buahan tersebut mengandung phytonutrient lycopene yang menurut penelitian dapat mengurangi resiko kanker prostat, tekanan darah, pertumbuhan tumor serta mendukung pertumbuhan jaringan sendi pada masalah kesehatan tertentu.

4. Biru atau ungu
salah satu buah yang mempunyai warna biru atau ungu adalah anggur serta blueberry. Buahan - buahan ini mengandung resveratol sebagai antioksidan kuat yang mampu mengurangi resiko penyakit jantung, meningkatkan kemampuan memori otak serta memperlambat proses penuaan dini.

4. Kuning
Nanas, jeruk serta pir merupakan buah warna kuning yang mudah ditemukan. Buah - bahn tersebut mengandung phytonutrient beta-cryptothansin yang mampu mencegah penyakit jantung, mengurangi resiko katarak serta mampu mengurangi resiko degenrasi retina.

Nah, demikianlah manfaat buah bagi kesehatan berdasarkan warnanya. Untuk mendapatkan manfaat lengkap dari phytonutrient dalam buah tersebut, cobalah konsumsi buah - buahan berbagai warna setiap hari. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus