Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Anda Lelah

Padatnya rutinitas yang harus dilakukan setiap hari, sebagai manusia normal sangat wajar jika anda akan mersa lelah. Saat kondisi tubuh seperti itu, biasanya seseorang cenderung malas dan kurang bersemangat saat akan melakukan sesuatu. Memaksakan melakukan pekerjaan justru akan memberi hasil yang kurang maksimal. Jadi, sebaiknya istirahatlah sejenak untuk melepas lelah dan penat anda.

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Anda Lelah

Nah, pada saat anda merasa lelah, sebaiknya jangan lakukan beberapa hal ini sebab bisa berdampak buruk bagi anda ataupun pekerjan anda:

1. Jangan tidur siang
Saat merasa lelah, salah satu cara tepat untuk mengatasinya adalah dengan tidur siang. Tetapi sayangnya terkadang orang cenderung tidur hinga waktu yang lama pada siang harinya. Jika tidur siang terlalu lama, hal ini malah justru akan membuat sulit tidur pada malam hari. Akibatnya abda akan begadang dan kurang tidur lagi sehingga besok akan kembali lelah. Untuk membuat tubuh anda segar dan bersemangat kembali, pastikan anda tidur siang hanya 30 - 60 menit saja.

2. Minum kopi
Banyak orang beranggapan minum kopi saat tubuh lelah adalah cara ampuh untuk meningkatkan kembali energi yang hilang. Walaupun tidak sepenuhnya benar, tetapi tidak disarankan konsumsi kopi berdekatan dengan waktu tidur sebab bisa menimbulkan masalah saat malam. Bila anda merasa lelah berkepanjangan, lebih baik konsumsi perment karet peppermint saja. Peppermint mampu merangsang saraf di otak yang bertanggung jawab untuk merasa terjaga dan waspada.

3. Jangan konsumsi makanan cepat saji
Sebuah studi menunjukkan bahwa saat tubuh seseorang dalam kondisi lelah biasanya cenderung membuat pikiran menginginkan makanan berlemak. Kondisi in terjadi karena tubuh membutuhkan hormon dopamin, dan konsumsi makanan cepat saji bisa memberikan hormon tersebut.  Tapi sayangnya, konsumsi makanan cepat saji seperti ini saat tubuh dalam kondisi lelah hanya akan membuat tubuh berenergi sejenak, setelah itu biasanya akan kembali lesu. Jadi sebaiknya konsumsi saja makanan kaya biji - bijian, protein serta sayuran.

4. Olahraga berat
Saat tubuh anda lelah, sebaiknya hindari melakukan olahraga yang berat - berat seperti angkat beban dan lainnya. Olahraga seperti itu justru hanya akan membuang waktu anda. Anda akan mudah mengalami cedera ketika tubuh lelah. Hal ini terjadi karena tidak fokus pada latihan. Jika ingin berolahraga, sebaiknya lakukan yang ringan - ringan saja seperti berjalan kaki atau bersepeda santai.

5. Jangan tidur berlebih
Meskipun tubuh anda sedang dalam kondisi sangat lelah, jangan lantas anda balas dendam dengan tidur terlalu lama. Tidurlah yang cukup selama 7 hingga 8 jam saja. Tidur berlebih atau penambahan waktu tidur setengah jam selama dua hari mampu mengubah jam tidur anda.

6. Kerjakan proyek penting
Ketika anda merasa lelah, sebaiknya jangan lakukan tugas ataupun proyek penting lainnya. Lebih baik anda istirahat sejenak untuk melepas lelah pada tubuh. Orang yang berisitirahat dengan cukup lebih mampu melakukan pekerjaan dengan baik. Beda halnya dengan orang yang lelah dan kurang tidur, mereka cenderung melihat sesuatu secara negatif sehingga hasil kerjanya tidak maksimal.

Baca juga :
Itulah 6 hal yang sebaiknya jangan dilakukan saat anda merasa lelah. Lebih baik anda beristirahat terlbih dahulu sampai lelah anda hilang dan tubuh bisa segar kembali. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus