Inilah Bahayanya Jika Tidur Siang Terlalu Lama

Tidur siang selama ini dipersepsikan sebagai kebiasaan orang malas yang sebaiknya tidak dilakukan. Anggapan yang salah seperti ini sebaiknya diabaikan saja. Sebab nyatanya, walau dipersepsikan negatif seperti itu tidur siang justru memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan kemampuan memori otak, mencegah penyakit jantung serta membantu menurunkan tekanan darah.

Inilah Bahayanya Jika Tidur Siang Terlalu Lama

Tidur siang, walaupun bisa memberi manfaat yang baik tapi jangan lantas anda tidur siang terus hingga berlama - lama. Sebab, tidur siang terlalu lama malah justru bisa menimbulkan resiko bagi kesehatan anda.

Beberapa waktu waktu lalu, sebuah studi yang dipresentasikan dalam European Association for the Study of Diabetes menyebutkan bahwa mereka yang terlalu lama tidur siang beresiko terkena diebetes tipe dua.

Temuan ini didapat setelah para peneliti dari universitas tokyo menganalisis 10 studi dari berbagai negara di dunia dengan melibatkan 261.365 partisipan. Para peneliti tersebut menyimpulkan bahwa mengantuk berlebihan saat siang berhubungan dengan munculnya resiko diabetes tipe dua sebanyak 56 persen lebih tinggi.

Selain itu, studi yang dilakukan tersebut juga menemukan bahwa mereka yang berlebihan tidur pada siang hari, sejam atau bahakn lebih, beresiko terkena diabetes 46 persen lebih tinggi.


Pertanyaannya, untuk menghindari resiko tersebut, berapa lama sebaiknya tidur siang yang tepat? Para peneliti tersebut menyebut kan durasi tidur siang yang bisa menghindari dari resiko diabetes ini adalah kurang dari satu jam setiap harinya.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus