Inilah 5 Makanan Yang Tidak Sehat Jika Dimasak Ulang

Salah satu alternatif ketika terdapat sisa makanan atau lauk, hal pertama yang mungkin akan anda lakukan adalah menyimpannya, baik dalam kulkas ataupun tampat lainnya. Anda mungkin berpikir sangat sayang jika membuang makanan tersebut, bukankah bisa dimasak ulang sebelum makan berikutnya? 

Ya, memanaskan atau memasak ulang makanan sisa adalah cara praktis dan pilihan terbaik yang sering dilakukan banyak orang. Namun sayangnya, ternyata kebiasaan menyimpan makanan kemudian memasak kembali ternyata tidak baik, lho. Walaupun tidak semuanya, ternyata ada beberapa makanan yang justru tidak boleh dipanaskan atau dimasak ulang karena bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan.

Inilah 5 Makanan Yang Tidak Sehat Jika Dimasak Ulang

Apa saja makanan tersebut? Dari pada anda menduga, inilah beberapa diantaranya seperti yang dilansir oleh Womansday.com :

1. Jamur
Makanan yang satu ini, pada umumnya harus dimakan habis sesaat setelah dimasak. hal ini perlu dilakukan mengingat mutu protein dari jamur dapat menurun sesaat setelah anda memotongnya, jadi jika dimasak ulang tentu itu tidak baik untuk perut anda.

2. Ayam
Pada saat ayam yang sudah dingin dipanaskan ulang, maka komposisi protein pada ayam tersebut tentu akan berubah. Kondisi ini akan menimbulkan masalah pada pencernaan anda. Jika anda ingin memanaskan ayam, pastikan anda memasaknya dengan benar - benar matang.

3. Kentang
Sesaat setelah anda memasak kentang, pada suhu hangat, bakteri botulism dapat berkembang pada kentang. Jadi, agar tidak muncul masalah saat anda memanaskannya, ada baiknya anda langsung mendinginkan kentang sesaat setelah anda memasaknya.

4. Bayam, buah bit dan seledri
Ketiga makanan ini mengandung nitrat yang apabila dalam kondisi panas bisa berubah menjadi racun. Tidak hanya itu saja, ketiga makanan ini juga melepaskan senyawa karsinogenik jika dipanaskan ulang. Karena itulah, makanan ini tidak boleh dipanaskan. Selain itu anda juga disarankan ketika akan memanaskan makanan tertentu yang di dalamnya terdapat ketiga makanan ini, sebaiknya buang terlebih dahulu ketiga makanan ini.

5. Telur
Telur, baik yang direbus ataupun digoreng juga tidak baik jika dipanaskan ulang karena bisa menghasilkan racun yang bisa membahayakan pencernaan anda.


Itulah 5 makanan yang tidak sehat jika dimasak ulang karena bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan. So, ladies? lebih baik anda buang semua makanan sisa tersebut dari pada memberi masalah kesehatan bagi keluarga anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus