3 Efek Samping Buah Tomat Jika Dikonsumsi Berlebihan

Siapa yang tidak mengenal buah tomat? Buah yang mempunyai bentuk bulat lonjong ini sangat familiar di kalangan semua orang. Salah satu buah yang banyak mengandung air di dalamnya ini, sarat akan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Bahkan, banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa kandungan lycopene pada buah tomat dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker, jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, bahkan bisa berfungsi sebagai detoks yang bisa menghilangkan racun secara alami dari dalam tubuh.

Dengan beragam manfaat hebat seperti itu, tentu anda perlu menambahkan buah ini dalam menu sehat harian anda. Eit, tapi tunggu dulu, ada batasan seberapa banyak anda boleh mengonsumsinya setiap hari. Sebab, jika dikonsumsi secara berlebihan justru buah tomat ini bisa memberi efek samping yang tidak baik untuk kesehatan.

Efek Samping Buah Tomat Jika Dikonsumsi Berlebihan

Nah, berikut ini adalah 3 efek samping buah tomat jika dikonsumsi secara berlebihan yang sebaiknya anda ketahui :

1. Asam lambung meningkat
Buah tomat banyak mengandung asam, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan bisa memicu kenaikan asalam lambung. Dengan naiknya asam lambung ini, pada akhirnya bisa menyebabkan sakit maag atau penyakit gastroesophageal.

2. Menurunnya sistem imun tubuh
Mengonsumsi buah tomat apalagi dalam kondisi masih mentah akan membuat likopen memenuhi tubuh sehingga bisa menyebabkan menurunnya sistem imun tubuh anda.

3. Gangguan pencernaan
Selain bisa memicu naiknya asam lambung, terlalu banyak konsumsi tomat juga dapat menyebabkan masalah pencernaan lainnya seperti sakit perut atau terlalu banyak gas dalam perut.


Itulah 3 samping buah tomat jika dikonsumsi berlebihan. Jadi, jika ingin mendapatkan manfaat dari buah ini, pastikan anda tidak berlebihan ketika mengonsumsinya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi