5 Masker Alami Untuk Atasi Jerawat Membandel Pada Wajah

Jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit wajah yang sangat tidak diinginkan kehadirannya oleh setiap orang. Walaupun hanya muncul satu saja, tetap saja jerawat bisa mempengaruhi penampilan, bahkan bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Belum lagi setelah jerawat menghilang, efek yang ditinggalkannya berupa flek hitam pada wajah sangat susah untuk dihilangkan. Sangat menjengkel, bukan?

Saat anda mendapati munculnya jerawat pada wajah anda, jangan terburu - buru untuk memencet ataupun menyentuhnya dengan tangan. Memencet jerawat hanya akan memperparah keadaan, apalagi jika sampai menyebabkan infeksi. Siapa yang rugi, tentu anda sendiri, kan? 

Masker Alami Untuk Atasi Jerawat Membandel Pada Wajah

Daripada anda bete karena masalah jerawat yang membandel dan tak kunjung menghilang seperti itu, coba atasi dengan masker alami yang bisa anda buat sendiri seperti berikut :

1. Masker lemon
Salah satu penyebab munculnya jerawat pada wajah adalah karena wajah yang berminyak. Ketika wajah berminyak, semua kotoran seperti debu serta polusi dengan mudah bisa menempel pada wajah. Nah, disinilah fungsi masker lemon ini. Masker ini bisa mengatasi masalah jerawat membandel pada wajah anda.

Caranya menggunakannya pun sangat mudah, seperti yang blog ini lansir dari Amazine.co, anda hanya perlu menggunakan buah lemon yang sebelum sudah diambil sarinya lalu campur dengan satu sendok teh madu. Sebelum mengaplikasikannya pada wajah, terlebih dahulu anda harus mencuci wajah anda dengan air hangat hingga bersih. Setelah itu, aplikasikan masker lemon dengan madu ini pada wajah anda. Setelah didiamkan selama 30 menit, bilas dengan air dingin. Membilas dengan air dingin ini dengan tujuan agar pori - pori wajah anda mengecil hingga kemudian menutup. Lalu usap dengan handuk yang bersih. Jika dilakukan secara teratur, jerawat membandel pada wajah anda akan hilang dengan sendirinya.

2. Masker Stroberi
Stroberi dengan rasa asam kecut di dalamnya diketahui mengandung Salicylic acid alami. Sedangkan salicylic acid ini merupakan bahan yang sering digunakan pada banyak produk kecantikan terutama untuk obat jerawat. Penggunaan masker dengan bahan stroberi ini bisa membantu mengempeskan jerawat membandel pada wajah anda tanpa membuat kulit kering. Bagusnya lagi, masker ini juga bermanfaat melawan radikal bebas yang membahayakan kulit karena kandungan antioksidan di dalamnya.

Sama halnya dengan  masker lemon, cara membuat dan menggunakan masker stroberi ini juga sangat mudah. Persiapkan bahannya terlebih dahulu seperti 4 buah stroberi segar, 2 sendok makan madu, 1 sendok makan air lemon serta satu sendok makan yougurt tanpa rasa.

Pertama - tama, anda haluskan stroberi dengan cara memblendernya. Kemudian campur dengan ketiga bahan lainnya, aduk hingga rata lalu aplikasikan pada wajah anda. Diamkan selama 10 - 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Step terakhir, anda hanya perlu mengeringkan wajah anda dengan handuk yang lembut bersih.

3. Masker jahe
Seperti yang dilansir livestrong.com, minum secangkir teh jahe hangat bisa membantu anda yang mengalami masalah jerawat. Selain bisa menghangatkan badan dan membuat tubuh anda nyaman, juga bisa membantu mengatasi jerawat dari dalam.

Nah, tahukah anda, jahe juga bisa anda gunakan sebagai masker alami untuk mengatasi masalah jerawat membandel dari luar. Caranya ambil jahe, cuci hingga bersih lalu kupas kulitnya. Setelah itu anda parut jahe tersebut hingga halus. Sebelum mengaplikasikan pada wajah, bersihkan terlebih dahulu wajah anda dengan air hangat bersih. Tempelkan parutan jahe yang sudah halus tdai pada wajah anda yang berjerawat, diamkan hingga 15 menit lalu bilas dengan air dingin hingga bersih. Setelah itu, tepuk - tepuk dengan handuk bersih.

4. Masker jagung muda
Kandungan prokaroten pada jagung dapat memperbaiki struktur kulit. Kandungan zat alami pada jagung juga bisa membantu mengatasi masalah munculnya jerawat tanpa membuat wajah lebih berminyak atau kering. 

Untuk membuat masker alami ini, persiapkan terlebih dahulu jagung muda lalu parut hingga halus. Tambahkan 1/2 sendok makan madu. Setelah kedua bahan ini tercampur rata, aplikasikan masker jagung tersebut pada wajah anda yang sudah dibersihkan. Anda bisa juga memakainya dibagian bekas jerawat. Bilas dengan air bersih setelah didiamkan selama 20 menit. Masker jagung muda ini bisa anda pakai dua kali sehari hingga noda bekas jerawat pada wajah anda berkurang.

5. Masker kacang hijau
Selain bisa menjaga kehalusan kulit, masker kacang hijau juga bisa anda gunakan ketika anda bermasalah dengan jerawat yang membandel pada wajah. Gunakan masker ini dua kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Untuk membuatnya, persiapkan terlebih dahlu 100 gram kacang hijau serta 2 sendok makan yougurt tanpa rasa. Rendam kacang hijau terlebih dahulu selama satu jam kemudia blender sampai halus. setelah halus, campur dengan yougurt kemudian aduk hingga merata. Sebelum mengaplikasikannya pada wajah, bersihkan terlebih dahulu wajah anda kemudian bilas sampai kering. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan wajah dengan air dingin. Tepuk - tepuk lembut dengan handuk yang bersih. 

6. Masker pepaya
Buah pepaya juga bisa anda gunakan sebagai masker untuk mengatasi masalah jerawat serta noda yang ditinggalkannya pada wajah anda. 

Seperti yang dilansir Stylecraze.com, untuk membuat masker ini anda hanya perlu menghaluskan sedikit pepaya saja tanpa campuran bahan lainnya. Aplikasikan masker ini pada wajah secara merata, lalu diamkan hingga 25 menit. Setelah itu bilas wajah anda dengan menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan hal ini secara teratur.

Baca juga:
Itulah 6 masker alami untuk atasi jerawat membandel pada wajah anda. Jika ada bahan yang alami dan aman digunakan, untuk apa menggunakan obat jerawat dengan bahan kimia yang justru bisa memberi efek buruk bagi kulit jika tidak cocok digunakan. Nah, bagaimana ladies? Mau mencoba masker alami ini untuk atasi jerawat membandel pada wajah anda? Selamat mencoba.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus