4 Makanan Penyebab Bau Badan Tak Sedap Pada Tubuh

Salah satu masalah pada tubuh yang bisa membuat anda kurang percaya diri adalah bau badan. Ya, walaupun bau badan ini bisa diatasi dengan penggunaan deodoran atau parfum, tapi itu hanya bersifat sementara dan terkadang tidak selalu berhasil. Setelah beberapa waktu, efek penggunaan deodoran tersebut menghilang dan akhirnya bau badan kembali muncul.

Makanan Penyebab Bau Badan Tak Sedap Pada Tubuh

Bicara mengenai bau badan, tahukah anda bahwa makanan yang anda konsumsi ternyata juga bisa menjadi penyebab bau badan tak sedap pada tubuh. Apa saja makanan tersebut? Berikut diantaranya :

1. Bawang putih
Bumbu yang sering digunakan ibu - ibu di dapur ini merupakan salah satu penyebab bau badan. Hal ini dikarenakan pada bawang putih terdapat allicin. Saat mengonsumsi bawang putih, maka allicin di dalamnya dengan cepat terurai dan mengubah zat lain yang menyebabkan bakteri bercampur dengan keringat, sehingga menghasilkan bau yang tak sedap.

2. Sayuran silang
Salah satu sayur yang termasuk dalam jenis sayuran silang adalah brokoli serta kubis. Kedua sayuran ini memang diketahui mengandung banyak nutrisi sehat yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan pada kubis dan brokoli juga mampu membersihkan tubuh dari racun dan sel karsinogenik. Walaupun menyimpan manfaat hebat seperti itu, sayangnya sayuran silang ini juga mengandung sulfur, sehingga bertanggung jawab atas bau badan yang tak sedap.

3. Daging merah
Daging merah merupakan makanan sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Tapi juga, jenis daging ini merupakan salah satu faktor penyebab bau bau badan. Hal ini dibuktikan oleh para peneliti dari republik ceko pada tahun 2006 lalu. Para peneliti tersebut mengumpulkan sampel keringat dari orang yang makan daging dan para vegetarian. Lalu, sekelompok wanita mengidentifikasi bau yang paling tidak enak. Dan hasilnya adalah, keringat orang vegetarian ternyata memiliki bau lebih baik daripada mereka yang memakan daging.

4. Kari
Salah satu makanan dengan rasanya yang khas ini sangat disukai semua orang. Tapi sayangnya, aroma rempah - rempah yang terdapat pada kari ternyata akan membuat rumah sendiri didalam pori - pori kulit. Kondisi inilah yang kemudian memunculkan bau kurang sedap pada tubuh.

Itulah 4 makanan penyebab bau badan tak sedap pada tubuh yang sebaiknya tidak anda konsumsi. Semoga bermanfaat. 

Referensi : Intisari-online

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi