Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Sabtu, 12 September 2015

3 Tes Untuk Deteksi Dini Penyakit Gagal Ginjal

Banyak penyakit berbahaya yang bisa membunuh penderitanya secara diam - diam, salah satu diantaranya yang paling sering dialami banyak orang adalah serangan jantung. Apa hanya penyakit jantung saja? Tentu saja tidak, masih terdapat penyakit berbahaya lainnya termasuk penyakit gagal ginjal yang bisa mengancam nyawa anda secara tiba - tiba.

Penyakit gagal ginjal ini, seringkali gejalanya tidak dirasakan oleh para penderitanya. Ironisnya, setelah seseorang mengetahui adanya penyakit ini dalam tubuh mereka, ternyata penyakit mematikan ini sudah memasuki tahapan yang parah. Peluang untuk sembuh pun, kemungkinannya sangat kecil.

Tes Untuk Deteksi Dini Penyakit Gagal Ginjal
Karena itulah, mengetahui sejak dini gejala penyakit ini sangat teapt terutama untuk memperoleh penanganan dengan cepat. Lalu, bagaimana caranya? Nah, tahukah anda, ternyata penyakit gagal ginjal bisa di deteksi dengan serangkaian tes seperti yang dilakukan banyak rumah sakit. Anda penasaran seperti apa? Berikut penjelasannya :

1. Tes tekanan darah
Penyebab paling umum dari penyakit gagal ginjal adalah tekanan darah tinggi. Untuk mengetahui tinggi rendahnya tekanan darah anda, maka perlu dilakukan tes tekanan darah. Setelah melakukan test dan diketahui tekanan darah anda berada pada angka 140/90 mmHg, maka bisa dipastikan anda menderita tekanan darah tinggi (hipertensi) dan sangat beresiko terhadap penyakit seperti gagal ginjal.

2. Tes urine
Untuk mengetahui kesehatan fungsi ginjal anda, maka perlu dilakukan test urin. Tes ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui jumlah albumin kreatini ratio. nah, angka yang di dapat dari jumlah albumin kreatini ratio ini digunakan untuk mengukur jumlah kebocoran albumin ketika ginjal anda mengalami kerusakan.

Selain itu, dengan melihat warna visual urine yang anda keluarkan, anda bisa mengetahui kondisi kesehatan ginjal anda. Jika urine yang anda keluarkan berwarna keruh, maka hal ini bisa menunjukkan bahwa ginjal anda sedang bermasalah.


3. eGFR
Anda mungkin masih asing dengan istilah eGFR ini. eGFR (estimate-Gromerular filtration Rate) merupakan cara untuk mengukur jumlah darah yang disaring oleh ginjal setiap menitnya. eGFR diperkirakan dari hasil serum (atau darah) tes kreatinin. eGFR bisa memberitahu apakah ginjal anda berfungsi dengan baik untuk menghilangkan limbah dari ginjal anda. Standarnya, jika GFR anda menunjukkan angka 60 mL/men/1.73 m2 atau lebih, ini menunjukkan bahwa ginjal anda berfungsi dengan normal. sebaliknya, jika angkanya dibawah angka tersebut maka itu menandakan bahwa anda menderita penyakit gagal ginjal. 

Itulah 3 tes untuk deteksi dini penyakit gagal ginjal. Ketika anda mendapati ada yang tidak beres dengan ginjal anda, segera periksakan kondisi ini pada dokter ahli untuk mengetahui penyebab serta saran medis yang teapt. Semoga bermanfaat.
3 Tes Untuk Deteksi Dini Penyakit Gagal Ginjal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri