Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Rabu, 22 Juli 2015

4 Penyakit Kelamin Pada Wanita Serta Ciri - Cirinya

Pernahkah anda mendengar penyakit kelamin pada pria seperti syphilis atau pun yang lainnya? Ternyata penyakit seperti itu tidak hanya menyerang para pria saja, wanita pun bisa terserang juga. Penyakit kelamin seperti itu umumnya menyerang organ reproduksi yang bisa menimbulkan gangguan - gangguan tertentu.

Tahukah anda, penyakit kelamin yang bisa menyerang wanita tidak hanya syphilis saja. Masih ada beberapa penyakit kelamin lainnya yang bisa datang menyerang  wanita. Penyakit kelamin seperti itu bisa disebabkan banyak hal seperti pola hidup dan perilaku seksual. Mengetahui ciri - ciri penyakit kelamin seperti ini sejak dini sangatlah penting. Jika diketahui terlambat dan tidak segera ditangani secara cepat, tentu bisa berbahaya bagi kesehatan anda.

Penyakit Kelamin Pada Wanita Serta Ciri - Cirinya

Nah, daripada anda menduga - duga apa saja dan seperti apa penyakit kelamin tersebut, berikut ini adalah ciri - cirinya :

1. Infeksi genital
Penyakit yang satu ini disebabkan oleh mikroba chlamydia. Penyakit ini bisa menimbulkan gejala dan bisa juga tidak. Gejala umum yang timbul biasanya keluarnya cairan v*gina yang tidak wajar dan disertai dengan rasa gatal dan panas disekitar v*gina. Masa inkubasi penyakit ini selama 14 samapi 21 hari.

2. Trichomonal Vaginitis
Salah satu gejala penyakit ini adalah keluarnya cairan v*gina dengan warna kuning kehijauan dan biasanya akan menimbulkan iritasi disekitar v*gina. Penyebab penyakit ini bisa karena berhubungan s*ks atau kurangnya higienitas seperti kloset duduk yang kurang bersih, baju yang kotor, air mandi atau handuk yang kurang bersih dan keadaan vagina yang lembab, atau jarang mengganti pembalut saat menstruasi. Masa inkubasi penyakit ini sekitar 4 sampai 21 hari.

3. Herpes Genitalis
Gejala penyakit kelamin pada wanita yang satu ini dimulai dengan rasa gatal disekitar kemaluan serta diikuti dengan munculnya lepuh kecil yang sakit, kadang juga timbul di paha dan pantat. Rasa gatal dan panas dapat hilang dalam 24 jam, meninggalkan bisul kecil yang sakit dan berwarna merah yang kadang - kadang mengelupas. Bekas lepuh yang mengering bisa melepuh kembali. 

Gejala yang berat bisa terjadi disekitar mulut rahim. Awalnya di tempat yang akan terjadi lepuh, anda akan merasakan rasa terbakar. Saat lepuh sudah muncul, maka akan timbul demam, nyeri otot, kelelahan serta sakit kepala.Penyakit ini bisa menyerang labia minora, labia mejora, klitoris bahkan sampai leher rahim tanpa adanya gejala klinis.

4. Gonorhea
Salah satu ciri - ciri penyakit ini adalah timbulnya cairan vagina atau cairan urethra yang tidak normal dan nyeri ketika buang air kecil. Penyakit ini bisa meneyrang leher rahim, indung telur, uretra, saluran telur dan rectum. Parahnya lagi, jika seseorang melakukan hubungan s*ks oral, penyakit ini bisa menular dan mengakibatkan gonorea pada tenggorokan. Masa inkubasi penyakit ini bisa 2 sampai 10 hari.

Itulah 4 penyakit kelamin pada wanita beserta ciri - cirinya. Jika anda mendapati ciri - ciri seperti diatas, segeralah memeriksakannya pada dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Referensi : Ummi-online.com
4 Penyakit Kelamin Pada Wanita Serta Ciri - Cirinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri