4 Masalah Kesehatan Yang Umum Dialami wanita

Kesehatan merupakan hal utama yang selalu diinginkan semua orang. Ya, tubuh yang sehat merupakan faktor penting untuk mendukung setiap aktifitas setiap harinya. Tapi sayangnya, terkadang ada saja beberapa masalah kesehatan yang datang menghampiri. Mau tidak mau, masalah kesehatan tersebut harus diatasi agar tidak menjadi bumerang dikemudian hari.

Masalah Kesehatan Yang Umum Dialami wanita


Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa masalah kesehatan yang umum dialami wanita, yang sebaiknya anda waspadai :

1. Penuaan dini
Inilah yang selalu ditakutkan semua wanita, terlihat tua sebelum waktunya. Penuaan dini akan membuat penampilan wanita telihat lebih tua dibandingkan usia yang sesungguhnya. Jika dibandingkan dengan kulit pria, kulit wanita lebih mudah rusak dan lebih cepat menua. Bahkan hasil peneltian menunjukkan efek kerusakan akibat sinar UV ditemukan bahwa kulit wanita lebih cepat berkurang elastisitasnya dan lebih mudah berkerut dibandingkan kulit pria. Belum lagi penggunaan kosmetik yang sudah menjadi rutinitas wanita, jika tidak cocok bisa memperburuk kondisi ini. Agar terhindar dari masalah penuaan dini ini, wanita harus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya yang penting untuk kesehatan kulit seperti antioksidan dan makanan yang mengandung vitamin A, C dan E.

2.Anemia
Wanita lebih beresiko terkena anemia dibandingkan dengan pria. Beberapa faktor yang menjadi penyebab utamanya adalah menstruasi, masa kehamilan dan menyusui, serta proses melahirkan. Kondisi ini jangan sampai dibiarkan berlarut - larut. Sebab jika diabaikan bisa mengakibatkan darah tidak mampu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya tubuh akan menjadi mudah lemas, kurang bertenaga, bahkan hingga sampai pingsan. Untuk mengatasinya, wanita perlu mengonsumsi zat penambah darah seperti zat besi, asam folat dan vitamin B12.

3. Osteoporosis
Kondisi ini umumnya banya terjadi setelah wanita memasuki masa menopause. Berbeda dengan pria yang memiliki massa tulang lebih tinggi serta tidak secepat wanita dalam proses perombakan kalsium tulang. Karena itulah, untuk mengindari osteoporosis atau keropos tulang, wanita membutuhkan zat - zat pembentuk tulang lebih banyak daripada pria seperti kalsium serta vitamin D.

4. Mudah lelah
Wanita cenderung merasa mudah lelah jika dibandingkan dengan pria. Hal ini dikarenakan metabolisme wanita lebih lambat daripada pria. Basal metabolic rate (tingkat metabolisme pada kondisi istirahat) pria lebih tinggi hingga 10 persen dibandingkan wanita. Karena itulah, wanita cenderung lebih banyak mengubah makanan menjadi lemak, sedangkan pria lebih banyak mengubah makanan menjadi otot dan cadangan energi siap pakai.

Itulah 4 masalah kesehatan yang umum dialami wanita. Agar terhindar dari masalah tersebut, cobalah biasakan pola hidup sehat serta konsumsi makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus