5 Makanan Kaya Kalsium Selain Susu

Salah satu bagian tubuh yang mempunyai peranan penting untuk menyangga tubuh adalah tulang. Ya, tulang merupakan bagian vital yang bisa membantu anda bergerak serta melakukan beragam aktifitas. Tanpa tulang yang sehat, anda mungkin akan mengalami kelumpuhan.

Salah satu cara untuk membuat tulang sehat adalah dengan mengonsumsi kalsium. Dan susu, mungkin menjadi pilihan pertama yang akan anda konsumsi. Lantas, bagaimana jika anda tidak suka minum susu ataupun alergi dengan minuman ini? Sedangkan anda harus memenuhi kebutuhan kalsium agar tulang anda selalu sehat dan kuat? 

Makanan Kaya Kalsium Selain Susu

Tenang saja, Kalsium tidak hanya berasal dari susu saja. Masih banyak makanan lainnya yang juga kaya kalsium di dalamnya. Seperti yang dilansir Health.com, berikut dibawah ini adalah beberapa makanan lainnya yang kaya kalsium selain susu, yang bisa anda konsumsi :

1. Ikan salmon
Ikan yang satu ini memang tergolong mahal, tetapi kandungan kalsium di dalamnya bisa memenuhi kebutuhan kalsium anda. Untuk mengonsumsinya, anda bisa memakannya mentah - mentah seperti pada sajian sushi atau matang dengan cara dipanggang sebentar.

2. Sarden
Sarden atau ikan yang sudah dikemas kalengan juga banyak mengandung kalsium. Tetapi anda jangan mengonsumsinya secara berlebihan sebab sarden mengandung pengawet dan garam yang bisa meningkatkan tekanan darah anda.

3. Bok coy
Makanan kaya kalsium selain susu selanjutnya adalah bok coy. Nama ini mungkin terdengar asing di telinga anda. Bok coy adalah sawi hijau dengan daging lembut dan renyah. Bok coy selain mudah di dapat juga gampang dimasak serta kaya akan kalsium. 

4. Okra
Anda mungkin belum mengenal ini. Okra merupakan sayuran yang bentuknya mirip dengan cabai. Sayuran ini sangat enak dijadikan menu makan malam selain juga kaya kalsium. Anda bisa memasak sayura ini dengan ditumis, panggang atau menjadikannya sup untuk mendapatkan nutrisi di dalamnya.

5. Jeruk
Tahukah anda, buah jeruk selain kaya akan vitamin C ternyata juga banyak mengandung kalsium yang bisa menjauhkan anda dari osteoporosis. Bagusnya lagi, antioksidan di dalam buah ini juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh serta bisa menjaga sel tubuh serta kulit tetap awet muda.

Itulah 5 makanan kaya kalsium selain susu yang bisa anda konsumsi. Jika anda tidak suka susu, anda bisa beralih pada makanan diatas untuk memnuhi kebutuhan kalsium anda.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus