Beragam Manfaat Bunga Mawar Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang tidak mengenal bunga mawar? Bunga yang kerap dijadikan simbol cinta dan kasih sayang serta mempunyai bentuk dan warna yang indah ini begitu populer di indonesia. Menurut Wikipedia, Bunga ini merupakan suatu jenis tanaman semak dari genus rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Bunga mawar mempunyai 100 spesies lebih, dan kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk.


Tahukah anda, dibalik keindahannya ternyata bunga mawar memiliki banyak manfaat mengagumkan untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja manfaatnya? Berikut di bawah ini :

1. Menghilangkan jerawat
Bunga mawar diketahui mengandung antioksidan sehingga bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Untuk menerapkannya, anda hanya perlu mencuci wajah anda dengan air hangat yang sudah dicampurkan dengan air mawar. Jika dilakukan secara rutin dan teratur, wajah anda akan terbebas dari masalah jerawat.

2. Kesehatan mata
Anda mempunyai masalah dengan mata merah atau meradang? Jika iya, anda bisa menggunakan bunga ini untuk mengatasinya. Caranya cukup mudah, teteskan 2 sampai 3 tetes air mawar pada mata, kemudian tutup hingga beberapa menit untuk membersihkan mata. Untuk menghindari infeksi mata, lakukan hal ini secara rutin.

3. Menurunkan tekanan darah serta kolesterol
Bunga mawar ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah serta kolesterol lho? Biji bunga mawar (Rosehip), selain bisa digunakan untuk bahan produk kecantikan, ternyata juga bisa menurunkan tekanan darah serta tingkat kolesterol dalam tubuh.

4. Mencegah penuaan dini
Kandungan rosehip seed pada bunga mawar diketahui mengandung vitamin C delapan kali lebih banyak. Dengan kandungan seperti itu, bunga ini bisa menjadi antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini pada wajah.

5. Membersihkan Miss V
Untuk menjaga kesehatan serta keharuman Miss V, anda bisa menggunakan bunga ini yang sudah dicampur dengan air hangat untuk mencuci miss V anda.

6. Melawan berbagai penyakit kulit
Air mawar bisa menyeimbangkan produksi sebum pada kulit. Selain itu juga bisa menjaga keseimbangan PH alami kulit. Karena itulah, bunga ini sangat baik digunakan untuk kulit kering maupun berminyak. Bagusnya lagi, air mawar juga mampu melawan berbagai penyakit kulit dan eksim.

7. Menyegarkan mata hitam akibat kurang tidur
Saat anda kurang tidur, biasanya akan muncul lingkaran hitam disekitar mata atau mata panda. Untuk mengatasinya, coba kompres dengan kapas yang telah dicelupkan dengan air mawar. Tempelkan pada area mata panda anda.

8. Kesehatan rambut
Untuk menjaga rambut anda selalu wangi, coba keramaslah dengan beberapa tetes air mawar serta shampo pada rambut anda. Air mawar juga bisa menghilangkan ketombe serta mengatasi peradangan di kulit kepala.

Itulah beragam manfaat bunga mawar untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus