Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Menurut wikipedia, Lidah buaya atau yang dikenal juga sebagai aloe vera merupakan sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan silam. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di afrika. Pada umumnya, tanaman ini hanya digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka maupun untuk perawatan kulit saja.

Tapi tahukah anda, ternyata lidah buaya ini juga menyimpan manfaat lainnya selain hanya untuk penyubur rambut dan penyembuh luka. Seperti yang dilansir dari healthmeup.com, berikut dibawah ini adalah manfaat lidah buaya bagi kesehatan yang jarang diketahui :

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan perut
Senyawa alami yang banyak terkandung dalam lidah buaya ini seperti aloe-emodin, aloein, dan barbaloin diketahui bisa menjaga pergerakan usus halus dalam di dalam perut. Karena itulah, hanya dengan minum jus lidah buaya ini anda bisa mengobati berbagai gangguan pencernaan seperti perut kembung, refluk asam, sindrom iritasi usus besar dan yang lainnya.

2. Menjaga kesehatan gigi
Anda mungkin belum mengetahui hal ini. Lidah buaya ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan gigi anda. Anda bisa menggunakan lidah buaya ini sebagai obat kumur. Lidah buaya ini memiliki sifat mampu memperkuat gigi anda, mencegah bau mulut serta bisa melindungi gigi dari kerusakan gigi.

3. Membersihkan tangan
Manfaat lidah buaya bagi kesehatan selanjutnya adalah sebagai pembersih tangan. Anda bisa menggunakan lidah buaya ini untuk membersihkan tangan anda. Caranya cukup dengan mencampur setengah cangkir gel lidah buaya dengan setengah cangkir alkohol. Jika perlu, anda juga bisa menambahkan bebrapa tetes minyak essensial yang anda sukai. Campuran ketiga bahan ini bisa membersihkan tangan anda sekaligus membuat kulit anda tetap halus dan harum.

4. Menenangkan serangan asma
Ketika asma anda kambuh, cobalah untuk menghirup uap air yang dicampur dengan gel lidah buaya untuk mengatasinya. Kandungan senyawa anti inflamasi pada lidah buaya bisa mengurangi peradangan dan menekan produksi lendir.

5. Sebagai gel cukur
Tahukan anda, gel lidah buaya ternyata juga bisa anda gunakan sebagai gel cukur. Daripada anda menggunakan gel cukur yang mengandung bahan kimia, lebih anda menggunakan lidah buaya yang alami ini. Gel lidah buaya ini juga bisa melembabkan kulit anda.

Itulah 5 manfaat lidah bauay bagi kesehatan yang jarang diketahui. Untuk hasil yang terbaik, cobalah gunakan lidah buaya yang masih segar dan baru dipetik. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus