6 Manfaat Tepung Tapioka Bagi Kesehatan

Tahukah anda apa itu tepung tapioka? ya, bagi ibu - ibu rumah tangga tentu sudah sangat familiar dengan jenis tepung yang satu ini. Tepung yang terbuat dari singkong ini digunakan sebagai bahan pengental kuah ataupun sebagai bahan pengisi pada kue - kue kering.

Selain digunakan sebagai bahan memasak, tepung tapioka juga sering diolah menjadi sirop glukosa dan dekstrin yang sangat diperlukan oleh berbagai industri, antara lain industri kembang gula, pengalengan buah, pengolahan es krim dan yang lainnya.

manfaat tepung tapioka bagi kesehatan

Tapi tahukah anda, selain memiliki manfaat seperti yang disebutkan diatas, tepung tapioka juga bermanfaat untuk kesehatan. Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat tepung tapioka bagi kesehatan seperti yang dilansir Boldsky.com :

1. Menguatkan tulang
Tepung tapioka diketahui banyak mengandung vitamin K, kalsium serta zat besi di dalamnya. Karena itulah tepung yang satu ini bermanfaat untuk menyehatkan tulang anda.

2. Menaikkan berat badan
Sama halnya seperti jenis tepung lainnya, tepung tapioka juga banyak mengandung karbohidrat. jika anda ingin menaikkan berat badan, mengonsumsi tepung ini sangatlah tepat, kandungan karbohidrat di dalamnya sangatlah sehat.

3. Meningkatkan energi tubuh
Selain bisa menaikkan berat badan, karbohidrat pada tepung ini juga bisa meningkatkan energi tubuh anda. Anda bisa menjadikan tepung tapioka ini sebagai menu sarapan anda untuk meningkatkan energi tubuh.

4. Mengembangkan otot
Kandungan protein pada tepung tapioka juga tinggi sehingga bisa menjadikannya makanan sehat yang penting untuk kesehatan serta perkembangan otot anda.

5. Menyehatkan sistem pencernaan
Jika anda sering menagalami gangguan sistem pencernaan seperti perut kembung, sembelit serta yang lainnya, mengonsumsi tepung tapioka sangatlah bagus anda lakukan. Makanan yang sederhana ini tidak akan memberatkan sistem pencernaan anda sehingga perut anda akan aman dari berbagai gangguan.

6. Mengendalikan sirkulasi dan tekanan darah
Selain karbohidrat dan protein, tepung tapioka jauga banyak mengandung kalium. Kalium inilah yang bermanfaat untuk mengendalikan sirkulasi dan tekanan darah anda. Tidak hanya itu saja, kalium pada tepung ini juga baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular anda.

Itulah 6 manfaat tepung tapioka bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Dengan semua manfaat diatas, tepung tapioka sangat cocok untuk dijadikan menu sehat harian anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi