Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Jumat, 16 Januari 2015

Ingin Kesehatan Kehamilan Terjaga? Konsumsi 5 Nutrisi Penting Ini!

Hamil merupakan masa yang sangat menyenangkan bagi seorang wanita. Melihat perkembangan janin dari hari kehari serta perubahan besar pada perut, membuat wanita merasa lebih bahagia. Terlebih lagi bila bayi yang dikandung sangat agresif, walaupun terkadang terasa menyiksa, seorang wanita hamil tetap menikmatinya.

Agar kesehatan kehamilan tetap terjaga, seorang wanita hamil harus memperhatikan makanan yang mereka konsumsi. Selain untuk memenuhi nutrisi untuk mereka sendiri, mereka juga harus memenuhi asupan gizi dan nutrisi untuk sang jabang bayi. Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa nutrisi yang sangat penting untuk dikonsumsi ibu hamil, seperti yang dilansir dari healthmeup.com :

menjaga kesehatan kehamilan
 
1. Zat besi
Ibu hamil maupun janin yang dikandungnya sangat memerlukan zat besi ini agar oksigen bisa sampai ke dalam tubuh. Memenuhi kebutuhan zat besi pada masa kehamilan akan meminimalisir resiko anemia dan mencegah bayi lahir prematur.

2. Kalsium
Saat hamil mengapa disarankan untuk mengonsumsi susu yang banyak mengandung kalsium adalah agar kesehatan kandungan tetap terjaga. Kalsium selain bisa untuk menguatkan tulang ibu hamil juga bermanfaat untuk meningkatkan tulang janin dalam kandungan.

3. Vitamin D
Salah satu nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan kehamilan selanjutnya adalah vitamin D. Vitamin ini memiliki peranan penting untuk kesehatan dan pertumbuhan janin anda. Kekurangan vitamin D akan menyebabkan bayi pada resiko rakhitis, menghambat pertumbuhan fisik dan pertumbuhan tulang yang tidak normal. Bahkan yang lebih parah, kekurangan vitamin D akan menyebabkan preeklamsia yang bisa membuat anda melahirkan secara caesar.

4. Asam folat
Nutrisi yang satu ini bisa membantu mencegah janin lahir cacat yang bisa berdampak buruk pada otak dan sumsum tulang belakang. Selain itu, asam folat juga dapat menurunkan resiko cacat lahir lainnya seperti bibir sumbing dan cacat jantung.

5. Yodium
Saat hamil, anda juga perlu memenuhi kebutuhan yodium harian anda. Kekurangan yodium bisa memberi dampak buruk seperti gangguan kesehatan mental yang serius, tuli serta pertumbuhan fisik yang terhambat.

Itulah 5 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kehamilan yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil. Memenuhi semua nutrisi tersebut akan membuat kandungan dan janin anda tetap sehat. Semoga bermanfaat.
Ingin Kesehatan Kehamilan Terjaga? Konsumsi 5 Nutrisi Penting Ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri