5 Bahan Alami Untuk Mengatasi Asma

Seseorang yang menderita asma biasanya akan kesulitan saat bernafas. Kesulitan bernafas ini disebabkan karena saluran udara dalam paru - paru meradang dan terhalang oleh lendir. Selain itu, penderitanya juga akan mengalami gejala lainnya seperti sesak nafas, mengi bahkan sampai batuk - batuk.

Lalu, bagaimana cara mengatasi penyakit ini? Sudah banyak obat - obatan untuk asma yang diperjualbelikan seperti inhaler. Anda bisa menggunakan obat semacam itu, atau jika tidak anda bisa menggunakan beberapa bahan alami dibawah ini untuk mengatasi asma yang anda derita :

Bahan Alami Untuk Mengatasi Asma

1. Jahe
Salah satu rempah dapur ini dikenal dengan beraneka ragam manfaatnya terutama untuk kesehatan. Bahan alami ini bahkan bagus digunakan sebagai obat asma. Mengonsumsi wedang jahe bisa mengurangi radang radang saluran nafas. Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan, senyawa yang terdapat dalam jahe bisa meningkatkan kinerja otot - otot yang yang bisa menenangkan tubuh.

2. Bawang putih
Bumbu dapur yang satu ini juga efektif digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi asma. Bawang putih akan memberikan pertolongan yang cepat saat asma menyerang. Caranya pun sangat mudah, anda cukup merbus 10 sampai 12 siung bawang putih dalam secangkir susu. Setelah itu, minumlah ramuan ini untuk mengatasi asma anda.

3. Uap
Saat anda mengalami iritasi saluran nafas dan hidung tersumbat, menghirup uap dapat meringankan beban tersebut. Uap memberikan kelembaban pada saluran udara serta bisa menipiskan lendir dalam saluran pernafasan anda. Menghirup uap panas selama 10 sampai 15 menit dari air mendidih yang sebelumnya sudah ditambahi beberapa tetes peppermint atau minyak kayu putih, bisa mengurangi mengi dan gejala asma lainnya.

4. Bawang merah
Sama halnya dengan bawang putih, bawang merah juga bisa anda gunakan untuk mengobati asma secara alami. Kandungan sifat anti inflamasi pada bawang merah bisa menghambat penyempitan saluran udara selama serangan asma.

5. Kopi
Tahukah anda, kafein yang terdapat dalam kopi ternyata bisa mencegah dan mengatasi gejala asma lho? Bahkan sebuah study mengatakan seorang pendrita asma yang rutin minum kopi secara teratur memiliki resiko terserang asma sepertiga lebih sedikit jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kafein.


Itulah 5 bahan alami untuk mengatasi asma. Ingat, asma bisa datang kapan saja tanpa anda ketahui, jika anda mengidap penyakit ini disarankan untuk membawa inhaler atau obat asma lainnya ketika beraktifitas. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus