5 Bahan Alami Untuk Mencegah Penyakit Gondong

Bahan alami untuk mencegah penyakit gondong - Tahukah anda penyakit gondong? Ya, salah satu penyakit menular ini disebabkan oleh virus (paramyxivirus) yang menyerang kalenjar ludah (kalenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah. Penyakit yang juga dikenal dengan nama paratitis ini, penderitanya biasanya akan mengalami gejala seperti demam, sakit kepala, mulut kering serta pembengkakan pada kelanjar parotid. Gejala tersebut biasanya hilang dalam waktu 10 - 12 hari.

Penyakit ini biasanya di sebabkan karena kurangnya tubuh terhadap yodium. Karena itulah, untuk bisa mengurangi resiko penyakit ini muncul anda perlu memenuhi kebutuhan yodium anda.

Bahan alami untuk mencegah penyakit gondong

 Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa bahan alami yang mampu mencegah munculnya penyakit gondong yang bisa anda konsumsi :

1. Makanan kaya yodium
Yodium merupakan obat yang ampuh untuk mencegah penyakit gondong. Yodium ini biasanya banyak terdapat pada garam, tapi sayangnya yodium pada garam sangatlah tinggi sehingga tidak sehat untuk tubuh anda. Anda bisa beralih mengonsumsi makanan yang banyak megandung yodium seperti rumput laut, ikan salmon, tuna dan yang lainnya.

2. Selada air
Selada air sendiri merupakan salah satu sayuran yang mengandung yoodium tinggi di dalamnya. Dengan mengonsumsi sayuran ini maka anda bisa terhindar dari resiko penyakit gondong.

3. Nanas
Buah bersisik yang satu ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan dan mencegah datangnya penyakit gondong secara alami.

4. Dandelion
Mengonsumsi daun dandelion ini hingga 2 sampai 3 kali dalam sehari bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan yang ditimbulkan akibat penyakit gondong.

5. Bawang putih
Salah satu bumbu dapur ini juga bermanfaat untuk mencegah munculnya penyakit gondong. Hal ini dikarenakan bawang putih bisa merangsang glutathione dalam tubuh yang bisa meningkatkan fungsi kalenjar tiroid.

Itulah 5 bahan alami untuk mencegah penyakit gondong. Mengonsumsi bahan alami seperti yang disebutkan diatas tentu tidak akan memberi efek yang buruk bagi tubuh anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus

5 Makanan Sumber Vitamin A