Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Senin, 17 November 2014

4 Makanan Yang Bisa Meningkatkan Resiko Stroke

Makanan yang bisa meningkatkan resiko stroke - Salah satu penyakit yang juga sangat dihindari selain penyakit jantung, diabetes dan kanker adalah penyakit stroke. Penyakit ini terjadi apabila pasokan darah ke suatu bagian otak tiba - tiba terganggu. Kurangnya aliran darah tersebut menyebabkan serangkaian reaksi biokimia yang dapat merusakkan atau mematikan sel - sel syaraf di otak. Gangguan ini pada akhirnya bisa menyebabkan kelumpuhan, hilangnya kesadaran dan kemampuan bicara pada penderitanya.

Penyakit stroke ini pada umumnya banyak terjadi pada orang - orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sedangkan hipertensi sendiri biasanya disebabkan karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Pola makan yang tidak sehat tersebut, ujung - ujungnya akan membuat kadar kolesterol naik, tekanan darah naik dan kelebihan berat badan yang kemudian berujung pada stroke.

Makanan yang bisa meningkatkan resiko stroke

Untuk itulah penting bagi anda untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan pola makan yang baik. Tapi tahukah anda, ternyata ada beberapa makanan yang berpotensi bisa meningkatkan resiko stroke. Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut dibawah ini adalah beberapa diantaranya :

1. Daging olahan
Boleh - boleh saja anda mengonsumsi daging setiap harinya, dan itu memang baik untuk kesehatan serta mampu meningkatkan cadangan sel darah merah dan zat besi di dalam tubuh anda. Tetapi jangan lupa, perhatikan juga daging yang anda konsumsi. Sebisa mungkin pilihlah daging yang benar - benar sehat serta mengandung rendah lemak. Hindarilah mengonsumsi daging olahan, karena biasanya daging semacam ini mengandung zat pengawet seperti natrium nitrat. Zat pengawet ini berpotensi bisa meningkatkan resiko stroke serta mampu menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah.

2. Garam
Mengonsumsi garam secara berlebihan ternyata bisa meningkatkan resiko stroke lho? Hal ini dikarenakan garam mampu meningkatkan tekanan darah serta merusak lapisan pembuluh darah.

3. Lemak jahat
Hindari juga mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat di dalamnya jika anda ingin terhindar dari penyakit stroke. Lemak semacam ini tidak hanya bisa menyebabkan peradangan di dalam tubuh anda tetapi juga bisa membuat resiko stroke meningkat.

4. Minuman bersoda
Makanan yang bisa meningkatkan resiko stroke yang terakhir adalah minuman bersoda. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang minum soda lebih dari satu kaleng setiap harinya akan meningkatkan resiko penyakit ini sebesar 48 persen. Bagi anda yang menggemari minuman bersoda, cobalah untuk mengurangi ketika mengonsumsinya.

Itulah 4 makanan yang bisa meningkatkan resiko stroke yang sebaiknya anda hindari. Sebisa mungkin cobalah menerapkan pola hidup sehat dan pola makan yang baik agar anda terhindar dari penyakit stroke ini serta penyakit lainnya. Semoga bermanfaat.
4 Makanan Yang Bisa Meningkatkan Resiko Stroke Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri