4 Penyebab Sering Merasa Pusing Saat Hamil

Penyebab sering merasa pusing saat hamil - Masa kehamilan merupakan saat yang membahagiakan bagi seorang wanita. Tapi sayangnya, pada saat - saat seperti itu kerap terjadi gangguan kehamilan seperti morning sickness maupun pusing. Hal semacam ini sering dikeluhkan oleh kebanyakan wanita hamil.

Bagi anda yang baru hamil pertama kali, tentu hal seperti ini sangat menggangggu. Tapi jangan terlalu khawatir, gangguan kehamilan semacam ini pasti terjadi pada semua wanita hamil. Lalu, apa yang menyebabkan seseorang sering merasa pusing ketika hamil? Daripada menduga - duga, berikut dibawah ini adalah penyebabnya seperti yang blog kesehatan ini lansir dari Healthmeup.com :

Penyebab sering merasa pusing saat hamil

1. Meningkatnya aliran darah
Saat seseorang hamil biasanya aliran darah ke bayi juga ditingkatkan, hal ini berarti pula tekanan darah anda akan menurun. Syaraf dan sistem kardiovaskular sebenarnya sudah mempersiapkan hal ini, Tetapi ada waktu dimana aliran darah ke otak juga tidak mencukupi.Faktor inilah yang bisa membuat anda merasa pusing ketika hamil.

2. Rendahnya kadar gula dalam darah
Ketika anda hamil, ada perubahan pada sistem metabolisme tubuh yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah anda. Hal inilah yang akan membuat anda pusing.

3. Melebarnya pembuluh darah
Penyebab seseorang sering merasa pusing saat hamil selanjutnya adalah terjadinya pelebaran pembuluh darah dalam tubuh anda. Melebarnya pembuluh darah ini membuat tubuh mengalirkan lebih banyak darh ke bayi. Detak jantung dan sistem kardivaskular akan meningkat, sehingga darah yang di pompa pun semakin meningkat hingga 50 persen. Inilah yang menyebabkan anda sering merasa pusing.

4. Munculnya tekanan pada pembuluh darah
Rahim anda akan menekan pembuluh darah seiring dengan membesarnya kehamilan. Ini yang disebut vena kava. Jenis vena ini termasuk vena besar yang bertugas membawa kembali darah dari tubuh bagian bawah ke jantung anda. Tekanan ini bisa membuat suplai darah ke otak menjadi berkurang dan efeknya anda akan membuat anda merasa pusing.

Itulah 4 penyebab anda sering merasa pusing saat hamil. Gangguan semacam ini ataupun mual adalah hal yang biasa. Tidak perlu khawatir, gangguan itu akan sembuh dengan sendirinya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus