Manfaat Dan Khasiat Bawang Bombai Bagi Kesehatan

Manfaat dan khasiat bawang bombai bagi kesehatan - Seperti yang dilansir Wikipedia, bawang bombay adalah jenis bawang yang paling banyak dan luas di budidayakan di seluruh dunia. Bawang yang mempunyai nama latin Allium Cepa Linnaeus ini sering dipakai sebagai bumbu maupun bahan masakan. Bawang ini biasanya berbentuk bulat dan bertadaging tebal.

Bawang ini biasanya digunakan dalam memasak makanan di indonesia, tidak hanya digunakan sebagai hiasan saja tetapi juga bagian dari masakan karena bentuknya yang besar dan tebal dagingnya. Mungkin anda bertanya - tanya kenapa bawang ini disebut bawang bombai? Konon katanya bawang ini dibawa oleh pedagang - pedagang yang berasal dari bombai di india ke indonesia. Karena itulah, akhirnya bawang ini dikenal dengan bawang bombai.
 
Manfaat dan khasiat bawang bombai bagi kesehatan

Selain digunakan sebagai bahan masakan, bawang bombai juga dikenal sebagai bawang yang kaya akan kandungan gizinya yang bermanfaat untuk kesehatan. Bawang ini banyak mengandung Vitamin A, B, C, sedangkan dari sisi mineral bawang bombai juga kaya akan kalsium, fosfor, magnesium, belerang, kromium, zat besi serta asam folat. 

Berikut dibawah ini adalah manfaatdan khasiat bawang bombai bagi kesehatan :

1. Anti inflamasi
Bawang bombai mempunyai sifat anti inflamasi didalamnya sehingga bermanfaat untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri E coli dan Salmonella. Karena itulah bawang ini juga bermanfaat untuk mengobati penyakit infeksi saluran kemih.

2. Mencegah osteoporosis
Bawang ini juga kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk mencegah tulang keropos yang dapat menyebabkan Osteoporosis.

3. Anti alergi
Didalam bawang bombai terdapat Quercetin, yaitu zat antihistamin yang bermanfaat untuk mengobati alergi. Jika dibandingkan dengan zat lain. Quercetin ini lebih mudah diserap dalam tubuh.

4. Menjaga kesehatan mulut
Apabila ada penumpukan bakteri di dalam mulut bisa menyebabkan kerusakan gigi dan infeksi dalam mulut. Sedangkan mengunyah bawang bombai bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan mulut. 

5. Menurunkan suhu tubuh
Menurut pengobatan tradisional di india, untuk menurunkan suhu tubuh biasanya hanya dengan mengoleskan getah bawang dibawah telapak kaki anda.

6. Menyehatkan jantung
Mengunyah bawang bombai bisa menyehatkan jantung anda, sebab bawang bombai ini sendiri bersifat sebagi anti koagulan yang baik. Zat ini bermanfaat untuk membantu mencegah pengerasan arteri dan menurunkan kadar homosistein yang menyebabkan munculnya masalah jantung.

7. Meredakan gangguan pernafasan
Ketika anda menderita batuk dan pilek, cobalah untuk mengonsumsi bawang bombai. Zat alami didalamnya mampu mengusir lendir di dalam pernafasan.

8. Mengurangi diabetes
Bawang bombai juga mengandung kromium yang bermanfaat menurunkan kadar insulin pada penderita diabetes dan meningkatkan toleransi glukosa.

9. Meredakan sakit telinga
Bawang bombai juga bisa anda gunakan sebagai obat alami ketika anda sedang menderita sakit telinga. Caranya dengan mengoleskan getah bawang bombai pada telinga anda.

Itulah 9 manfaat dan khasiat bawang bombai yang perlu anda ketahui. selain dapat membuat masakan menjadi lebih enak, ternyata bawang ini menyimpan sejuta manfaat ajaib untuk kesehatan anda.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus