Cara Efektif Mencegah Sakit Punggung

Cara efektif mencegah sakit punggung - Semua orang, baik yang masih muda maupun yang sudah tua pasti pernah mengalami samkit punggung. Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa hampir 80 persen orang mengalami masalah sakit punggung. Sakit ini bisa menyerang kapan saja dan dimana saja, Jika dibiarkan tentu akan mengganggu anda dalam melakukan aktifitas sehari - hari.

Sebuah fakta menunjukkan bahwa orang yang sering mengalami sakit punggung kebanyakan adalah orang sudah berumur atau usia yang bertambah. Jika anda termasuk salah satu yang sering mengalaminya cobalah beberapa tips dibawah ini untuk mengatasinya.

Cara efektif mencegah sakit punggung


Cara efektif mencegah sakit punggung :

1. Menggunakan bantal tambahan
Untuk menjaga postur tubuh anda, sangat di anjurkan untuk tidur telentang. Jangan lupa tambahkan bantal dibawah lutut untuk meningkatkan sirkulasi pada pundak anda. Tetapi jika anda mempunyai kebiasaan tidur menyamping, gunakan bantal tambahan diantara paha. Hal ini akan menjaga darah tetap mengalir sehingga sakit punggung bisa dicegah ketika anda tidur.

2. Berusahalah untuk tetap aktif
Ketika anda sedang mengalami sakit punggung, mungkin bermalas - malasan di tempat tidur terlihat sangat menyenangkan ketimbang berolahraga. Tapi jangan salah, Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup yang aktif justru lebih baik dilakukan ketika anda sedang mengalami sakit punggung. Bahkan, hanya dengan berjalan - jalan santai selama lebih dari 20 menit bisa membantu anda menjaga kesehatan punggung dan membuat sirkulasi darah menjadi semakin lancar.

3. Melakukan meditasi
Selain bisa membuat pikiran anda menjadi tenang, meditasi juga bisa membantu anda mengatasi sakit punggung. Duduk rileks, fokus pada pernafasan anda selama beberapa menit dalam sehari akan membantu anda merasa tanang dan santai. Selain itu, meditasi juga mencegah persendian dan punggung menjadi kaku.

4. Menggunakan penyangga punggung
Apabila anda adalah seseorang yang terlalu aktif dan sering duduk di depan meja komputer, kemungkinan anda memiliki postur tubuh yang buruk san sering membungkuk. Untuk mencegah sakit punggung terjadi karena kebiasaan anda tersebut, Cobalah gunakan penyangga punggung.

5. Jangan membungkuk
Sakit punggung biasanya disebabkan karena postur tubuh yang buruk. Salah satunya adalah posisi tubuh yang membungkuk ketika duduk dalam waktu yang lama. Untuk menghindari terjadinya sakit punggung, cobalah untuk selalu memposisikan punggung secara natural dan lurus. Postur tubuh yang bai berarti posisi kepala, pundak, pimggul dam kaki anda berada dalam satu garis lurus. Jadi lakukan postur tubuh seperti ini sesering mungkin.

6. Panaskan
Cobalah gunakan alat penghangat ketika anda mulai merasakan sakit pada punggung. Letakkan penghangat tersebut pada bagian tubuh sebelum punggung mulai terasa sakit. Biarkan selama 20 menit atau lebih untuk membuat otot menjadi longgar dan membantu sirkulasi darah menjadi lancar.

Demikianlah cara efektif mencegah sakit punggung yang dapat anda lakukan. Untuk menghindari terjadinya sakit punggung sebenarnya simpel saja, seperti yang sudah disebutkan di atas, cobalah untuk selalu memposisikan kepala, pundak, pinggul dan kaki selurus mungkin. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus