Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Sabtu, 06 September 2014

5 Teknik Cara Sehat Mengolah Makanan

Cara sehat mengolah makanan - Setiap wanita terutama yang sudah berkeluarga tentu harus bisa memasak untuk keluarganya. Itu adalah sebuah keharusan, mau tidak mau tetap harus dilakukan. Lalu bagaimana jika wanita tersebut tidak bisa memasak? Tenang saja, sangat banyak kok di internet resep - resep masakan yang mudah untuk di praktekkan.

Eit, tapi tunggu dulu, memasak tidak hanya sekedar mengolah makanan. tetapi ada teknik atau cara sehat mengolah makanan yang perlu anda ketahui seperti yang dilansir oleh Time anda The Shapping berikut ini :

Teknik cara sehat mengolah makanan

5 Teknik cara sehat mengolah makanan

1. Memanggang
Ada dua jenis memanggang tanpa menggunakan minyak yang dapat anda lakukan yaitu grilling (memanggang dengan panas di bawah ) dan broiling (Memanggang denga panas di atas). Broiling cocok untuk memasak potongan daging yang lunak, sedangkan grilling disebut cara masak daging tanpa kehilangan nutrisi dan citarasa. Untuk memanggang daging, pastikan potongan daging yang dipanggang tidak terlalu besar agar cepat matang. Sebab, jika memanggang terlalu lama dengan panas tinggi, protein dalam lemak dalam daging bisa menghasilkan senyawa yang berbahaya bagi tubuh. 

2. Mengukus dan merebus
Mengukus dapat memaksimalkan rasa dan warna asli pada makanan. Selain itu, mengukus juga bisa mempertahankan banyak nutrisi yang terkandung pada bahan makanan. Cara tersebut baik dilakukan pada ikan, kerang dan sayuran. Vitamin yang bertahan saat dikukus mencapai 70 persen, sedangkan yang direbus hanya 40 persen. Selain itu, dengan mengukus dapat menjaga tekstur lembut daging ikan atau kerang.

Tapi, ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa merebus justru mempertahan nutrisi sayuran seperti wortel, brokoli dan timun jepan. Untuk mengurangi nutrisi yang hilang selama bahan makanan yang direbus bisa menggunakan teknik poaching yaitu merebus dengan sedikit air. Keuntungan lainnya dari merbus atau mengukus adalah tidak menambah lemak selama proses memasak.

3. Presto
Pemasakan dengan menggunakan presto (Pessure cooking) hanya memerlukan sedikit air dan waktu sehingga vitamin dan mineral pada makanan yang dipresto tetap terjaga. Tidak perlu menambahkan minyak atau lemak untuk cita rasanya. Daging ayam utuh bisa tersaji dengan empuk hanya dalam waktu 15 menit, nasi hanya dimasak 5 menit dan sayuran hanya 3 menit saja.

4. Menumis
Menumis memungkinkan kita untuk mengkombinasikan rasa dari berbagai bahan makanan tanpa memerlukan banyak minyak. Untuk tumisan, anda bisa menggunakan olive oil. Perlu anda ingat, konsepnya adalah memasak dengan panas maksimal dalam waktu sesingkat - singkatnya sehingga tidak banyak nutrisi yang rusak.

5. Microwave
Cara memasak dengan menggunakan alat ini bisa dibilang adalah cara yang paling sehat. Hal ini dikarenakan waktu memasaknya sangat singkat, dan hasilnya tidak begitu merusak nutrisi. Sama halnya dengan mengukus, teknik ini mempertahankan tekstur, warna dan rasa bahan makanan.  Hanya saja, memasak dengan microwave bisa membuat makanan kering, tapi itu bisa diatasi dengan membasahi dan menambhakan sedikit air.

Itulah 5 teknik cara sehat mengolah makanan yang perlu anda ketahui. Semoga bisa bermanfaat terutama buat anda yang memang suka memasak.
5 Teknik Cara Sehat Mengolah Makanan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri