Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Jumat, 22 Agustus 2014

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Penyebab dan cara mengatasi rambut bercabang - Rambut sekarang ini sudah menjadi salah satu faktor penunjang penampilan yang sangat diperhatikan perawatannya oleh semua orang. Jadi tidak heran banyak orang yang memiliki model dan warna rambut yang menarik, semua itu semata - mata hanya untuk menjaga penampilan sehingga lebih percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain.

Namun, tidak jarang meskipun seudah melakukan perawatan rambut yang intensif dan maksimal, masalah pada rambut tetap saja muncul. Salah satunya adalah rambut yang bercabang dan kebanyakan ini terjadi pada wanita saja. Memang hal ini terlihat sepele, tetapi jika ini dibiarkan tentu akan merusak rambutdan mengganggu penampilan anda.

Penyebab dan cara mengatasi rambut bercabang

Sebenarnya apa yang menyebabkan rambut anda menjadi bercabang? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Temukan jawabannya dengan terus membaca artikel ini.

Penyebab rambut bercabang

Rambut menjadi bercabang pada umumnya disebabkan karena kurangnya nutrisi yang seharusnya sampai pada ujung rambut. Pada saat kutikula rambut pada bagian ujung kering, maka helai - helai rambut akan patah, inilah yang menyebabkan rambut menjadi bercabang.

Apa hanya itu saja penyebab rambut menjadi bercabang? tentu saja tidak, masih banyak faktor lainnya yang bisa menyebabkan hal tersebut. Berikut dibawah ini adalah salah satunya :

1. Kekurangan Nutrisi
Seperti yang disebutkan diatas, kurangnya nutrisi pada rambut adalah faktor utama penyebab rambut bercabang. Untuk menghindarinya, maka banyak - banyaklah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E serta protein. Ketika menggunakan shampo, pilihlah yang banyak mengandung zink (mineral seng) agar rambut anda tidak mudah kering dan bercabang.

2. Penggunaan pewarna rambut yang berlebihan
Mewarnai rambut agar tampak indah dan menarik memang boleh - boleh saja, tetapi perlu anda ketahui, bahan pewarna rambut dapat menyerap minyak - minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala sehingga akan mengakibatkan rambut menjadi kering dan bercabang. Sebisa mungkin hindarilah penggunaan bahan pewarna rambut jika tidak ingin rambut anda menjadi mudah rusak.

3. Terlalu sering keramas
Menjaga kebersihan rambut dengan selalu keramas serta menggunakan shampo memang baik dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Tetapi jika dilakukan secara berlebihan, shampo justru akan membuat rambut menjadi kehilangan kelembabannya. Saran saya, jangan menggunakan shampo dengan frekuensi yang terlalu sering. Jika ingin keramas, lakukanlah setiap 2 hari sekali saja sudah cukup untuk menjaga kesehatan rambut anda.

4. Melakukan kebiasaan buruk
Anda secara tidak sadar mengkin sudah melakukan hal - hal buruk yang bisa menyebabkan kerusakan pada rambut anda. Salah satu contohnya adalah menyisir rambut saat basah, mengikat rambut terlalu lama, serta membiarkan rambut terlalu lama berada ditempat yang kering. Hal tersebut ternyata bisa memberi efek yang buruk bagi rambut anda. Terlalu lama berada dibawah terik matahari juga dapat mengakibatkan rambut kehilangan kelembabannya sedangkan mengikat rambut terlalu lama bisa menyebabkan rambut menjadi rapuh dan pada akhirnya akan mengakibatkan rambut menjadi bercabang.

5. Menggunakan pengering rambut yang berlebihan
Penggunaan alat pengering rambut seperti hairdryer dan catok akan menyebabkan rambut terlalu cepat kehilangan kelembabannya sehingga batang - batang rambut akan menjadi kering dan bercabang. Jika ingin menggunakan alat tersebut, gunakan saja seperlunya dan jangan berlebihan.

Cara mengatasi rambut bercabang

Setelah mengetahui penyebab rambut bercabang, kini saatnya bagi anda mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Berikut dibawah ini adalah 8 cara mengatasi rambut bercabang :

1. Pilih shampo sesuai jenis rambut dan kulit kepala
Ketika anda akan membeli dan menggunakan shampo, terlebih dahulu anda perlu mengetahui jenis rambut dan kulit kepala anda. Anda bisa melakukan tes rambut dan kulit kepala terlebih dahulu sebelum menentukan jenis sampo yang akan anda gunakan.

2. Gunakan conditioner atau crem
Menggunakan conditioner akan membantu mengembalikan elastisitas rambut anda terutama untuk rambut yang sering terkena hair dryer, pewarnaan rambut, maupun pengeritingan. Lakukan perawatan menggunakan conditioner ini minimal seminggu sekali.

3. Keramas seperlunya
Seperti yang saya sebutkan diatas, keramas terlalu berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada rambut. Keramaslah dengan frekuensi 2 - 5 hari sekali sesuai kondisi kulit kepala anda. Jangan lupa, pilihlah shampo yang lembut untuk menjaga kelembaban rambut anda agar tidak cepat kering.

4. Gunakan sisir bergigi jarang
Janganlah anda menggunakan sisi yang bergigi rapat saat rambut masih basah. Gunakanlah sisir bergigi jarang agar tidak merusak rambut.

5. Sisir rambut sebelum keramas
Sebelum anda keramas, sisirlah terlebih dahulu rambut anda dengan menggunakan sisir berkualitas dengan ujung bantalan yang lembut. Hal ini akan membantu mendorong penyebaran kalenjar minyak sampai pada ujung rambut, Sehingga pada saat anda keramas akan memudahkan dan tidak memerlukan tenaga besar untuk mencuci rambut sehingga meminimalisir potensi kerusakan rambut.

6. Jauhi klorin
Klorin yang biasanya terdapat pada kolam renang dapat membuat rambut anda kering dan kusam sehingga akan mudah pecah dan bercabang. Saat ingin berenang, saran saya gunakanlah pelindung rambut.

7. Gunakan minyak zaitun sebelum menggunakan hair dryer
Sebelum menggunakan hair dryer, untuk hasil yang terbaik oleskanlah terlebih dahulu minyak zaitun pada rambut anda. Minyak ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut anda. Nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa memberikan kelembaban ekstra dan memperbaiki kutikula rambut yang rusak.

8. Jangan menggosok rambut dengan handuk
Saat anda ingin mengeringkan rambut anda, janganlah menggosoknya dengan handuk yang kasar karena hal ini justru akan membuat rambut mudah pecah dan bercabang. Cukup tempelkan dan tekan handuk pada rambut anda.

Itulah Penyebab dan cara mengatasi rambut bercabang, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk membagikannya melalui facebook, twitter maupun gplus anda, sehingga artikel ini bisa bermanfaat untuk yang lainnya.
Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri