Cara Mencegah Munculnya Komedo Pada Wajah

Setiap orang pasti pernah muncuk komedo pada wajahnya. Tetapi setahu saya kebanyakan komedo ini munculnya lebih banyak disekitaran hidung dan di atas dagu. Memang hal ini sangat sepele dan wajar terjadi, tetapi bagi banyak kaum perempuan, komedo sangatlah mengganggu dan bisa membuat mereka tidak percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain.

Tahukah anda, sebenarnya apa sich komedo itu? Seperti yang dilansir oleh wikipedia, komedo adalah pori - pori yang tersumbat oleh sel - sel kulit mati dan sekresi kalenjar minyak yang berlebihan pada kulit. komedo dibedakan menjadi dua jenis bagian. Yang pertama biasa disebut dengan blackhead atau komedo yang terbuka. Komedo jenis ini terlihat seperti pori - pori yang membesar dan menghitam. Sedangkan yang kedua adalah whitehead atau komedo yang tertutup. Komedo jenis ini memiliki kulit yang tumbuh di atas pori - pori yang tersumbat sehingga akan terlihat seperti tonjolan putih kecil.

Cara Mencegah Munculnya Komedo Pada Wajah

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo. Tetapi bagi anda yang belum terkena komedo, ada baiknya melakukan beberapa hal dibawah ini untuk mencegah munculnya komedo pada kulit wajah anda.

1. Rajin membersihkan sisa makeup
Cara mencegah munculnya komedo pada wajah yang pertama adalah dengan rajin membersihkan sisa makeup anda. Ketika anda merasa lelah dan mengantuk sehabis melakukan berbagai macam aktifitas janganlah untuk segera istirahat dan tidur, usahakanlah terlebih dahulu untuk membesihkan sisa makeup dan mencuci wajah anda sebelum tidur. 

2. Menggunakan masker wajah
Gunakan masker dengan perasan air sari jeruk nipis seminggu sekali. Masker ini akan membantu membuka pori - pori kulit anda serta membersihkan sisa kotoran yang ada didalam pori - pori. Jika dilakukan secara rutin, komedo tidak akan pernah muncul pada kulit anda.

3. Konsumsi buah dan sayuran
Cara mencegah munculnya komedo pada wajah yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Nutrisi yang dihasilkan dari buah dan sayuran yang anda konsumsi dapat memberikan perawatan yang maksimal bagi kulit anda. Vitamin A, C dan E akan membantu proses regenerasi kulit dan pemenuhan nutrisi bagi kulit sehingga kulit anda akan menjadi kembali segar dan indah.

Itulah 3 cara mencegah munculnya komedo pada wajah anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus