Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan - Sekarang ini masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya istirahat pada malam hari atau tidur. Kebanyakan dari mereka biasanya begadang hingga larut malam tanpa alasan yang jelas. Padahal tubuh dan pikiran kita memerlukan waktu istirahat juga setelah seharian melakukan berbagai macam aktifitas, baik aktifitas yang menguras tenaga maupun pikiran.

Banyak dokter yang menganjurkan untuk  tidak begadang pada malam hari, sebab hal tersebut benar - benar dapat mengganggu kesehatan tubuh seseorang tanpa disadari. Begadanglah jika hanya memang ada perlunya, begitulah kata bang Haji Rhoma Irama. hihi


Nah, bagi anda yang sering begadang atau tidur hingga larut malam, ada baiknya untuk segera mengurangi atau bahkan menghindari kebiasaan tersebut. Sebab banyak sekali efek negatif yang ditimbulkan akibat begadang pada malam hari seperti yang akan saya sebutkan dibawah ini.

Bahaya kurang tidur bagi kesehatan :

1. Mudah terserang penyakit
Bahaya kurang tidur bagi kesehatan yang pertama adalah mudah terserang penyakit. Mengapa bisa seperti itu? Hal ini disebabkan begadang atau tidur hingga diatas jam 12 malam dapat menurunkan sistem imun. Hal inilah yang dapat memicu datangnya berbagai penyakit pada tubuh kita.

2. Bisa mengalami obesitas
Sangat aneh kedengarannya, sebab selama ini orang lebih banyak mempersepsikan bahwa kurang tidur akan membuat orang menjadi kurus. Tetapi malah sebaliknya, seseorang yang sering begadang hingga larut malam malah akan lebih mudah terserang obesitas, Sebab biasanya pada malam hari perut menjadi sering lapar sehingga akan menyebabkan seseorang ingin makan terus menerus. Jika sudah begitu biasanya rasa kantuk akan menyerang karena perut sudah kekenyangan. Hal inilah yang bisa membuat anda mengalami obesitas karena makanan yang baru masuk tidak dapat dicerna secara baik oleh tubuh ketika dalam keadaan tidur.

3. Beresiko terserang kanker
Bahaya kurang tidur bagi kesehatan selanjutnya adalah seseorang lebih beresiko terserang kanker, penyakit yang paling mematikan di dunia. Untuk itu hindarilah kebiasaan tidur terlalu malam bila anda ingin hidup lebih lama.

4. Mudah pikun
Orang yang sering begadang hingga larut malam biasanya akan mudah pikun. Sebab seseorang yang kurang tidur tentu akan merasakan lelah, sehingga akan menyebabkan otak menjadi mudah lupa.

Itulah 4 bahaya kurang tidur bagi kesehatan. Segeralah buang kebiasaan anda begadang hingga larut malam jika memang tidak ingin mengalami semua bahaya diatas. Saran saya, begadanglah jika memang hanya ada perlunya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus