3 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Cairan

Tanda Tubuh Anda Kekurangan Cairan - Tubuh kita hampir 30 % terdiri dari cairan. Cairan adalah salah satu bagian paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita dan merupakan penyusun utama dari tubuh dan juga menjadi media dari berbagai proses metabolisme didalam tubuh kita. Untuk menghindari terjadinya dihidrasi yang bisa juga menyebabkan kematian, Kebutuhan cairan pada tubuh harus terpenuhi.

Tanda Tubuh Anda Kekurangan Cairan
image oleh google
Untuk itulah diperlukan pemahaman tentang tanda - tanda seperti apa yang menjadi indikasi tubuh kita mulai kekurangan cairan. Seperti apa tanda - tandanya? Berikut dibawah ini adalah tanda - tanda umum tubuh anda mulai kekurangan cairan.

1. Air seni berwarna kuning pekat.
Tanda - tanda yang pertama yang sangat mudah dikenali bahwa tubuh anda sudah kekurangan cairan adalah berubahnya warna air seni yang anda keluarkan. Warna air seni biasanya berubah menjadi kuning pekat. Ketika tubuh anda mulai kekurangan cairan urin menjadi lebih kental dan berwarna pekat agar air dapat dihemat oleh tubuh.

2. Merasa sembelit
Tanda - tanda yang kedua tubuh anda mulai kekurangan cairan adalah rasa sembelit yang timbul pada perut. Itu terjadi dikarenakan dalam usus besar penyerapan cairan dari sisa makanan anda menjadi lebih banyak dilakukan. Karena hal itulah, feses yang dihasilkan menjadi lebih kering sehingga membuatnya sulit dikeluarkan.

Perlu anda etahui, secara tidak sadar tubuh anda akan kehilangan cairan secara teratur. Baik melalui keringat, urin maupun melalui pernafasan. Dan ini berarti, tubuh kita juga kehilangan berbagai mineral penting seperti kalium dan natrium. Anda akan mengalami sakit kepala karena otak yang merasa kekurangan zat tersebut sangat sensitif menyadari perubahan tersebut. 

Itulah 3 tanda tubuh anda mulai kekurangan cairan. Untuk menghindarinya serta untuk mencegah terjadinya dehidrasi disarankan untuk minum air sebanyak 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh anda.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus