5 Tips Menjaga Kebersihan Area Intim Saat Menstruasi

Menstruasi adalah hal yang wajar dan pasti terjadi pada setiap wanita. Tapi sayangnya, banyak wanita yang kurang menyadari pentingnya menjaga kebersihan di area intim saat menstruasi datang. Padahal, pada saat menstruasi itulah resiko perempuan terkena infeksi meningkat. 

Tips Menjaga Kebersihan Area Intim Saat Menstruasi

Nah, berikut ini adalah beberapa tips bagaimana menjaga kebersihan area intim yang bisa wanita lakukan saat menstruasi :

1. Pilih pembalut yang tepat
Saat ini banyak beredar beragam jenis pembalut di pasaran. Anda harus benar - benar selektif ketika memilih salah satunya, terlebih baru - baru ini terdapat isu adanya pembalut yang mengandung zat berbahaya (klorin) di dalamnya.Pilihlah pembalut yang bisa memberikan kenyamanan bagi anda. Jangan lupa, pilih pembalut yang mempunyai daya serap tinggi dari merk legal dan jelas terdaftar oleh departemen kesehatan indonesia.

2. Gunakan pakaian yang memberi ruang nafas
Pakaian dalam sangat berperan penting dalam memberi kenyamanan pada daerah intim saat menstruasi datang. Tapi tidak hanya itu saja, pakaian luar juga harus dipertimbangkan untuk menjaga area vital tetap bisa bernafas saat menstruasi. Jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat, berbahan panas serta pakaian yang menyulitkan sirkulasi udara. Agar anda lebih nyaman, lebih baik gunakan celanan dalam dari bahan katun serta pakaian longgar untuk menjaga area intim anda tetap kering dan segar.

3. Rajin mencuci daerah intim anda
Jangan hanya menjaga kebersihan intim anda saat belum menstruasi saja. Saat menstruasi pun, dengan potensi banyak bakteri yang masuk, anda harus selalu pastikan menjaga daerah pribadi anda selalu bersih. Setidaknya bersihkan daerah intim anda dengan mandi dua kali sehari agar tetap bersih dan terhindar dari bau. Pastikan juga anda selalu mengganti pembalut yang anda gunakan beberapa kali dalam sehari, terutama saat menstruasi berat.

4. bersih dalam menangangi pembalut
Jangan sembarangan ketika anda akan membuka dan mengganti pembalut yang anda gunakan. saat membukanya, cobalah tarik dengan hati - hati pembalut i celana dalam dari atas ke bawah. Sebelum membuangnya ke tempat sampah, gunakan plastik sampah atau koran bekas untuk membungkusnya. Jangan lupa cuci tangan anda sebelum memasang pembalut baru.

5. Atasi lecet karena pembalut dengan benar
Terkadang saat menstruasi, penggunaan pembalut yang tidak pas dan tidak nyaman bisa menimbulkan lecet atau ruam. Agar terhindar dari infeksi pada kulit yang lecet, sering - seringlah ganti pembalut yang anda gunakan agar kulit di daerah intim dan sekitanya tetap kering dan bersih. Untuk mengatasi lecet atau ruam karena pembalut yang mengganggu tersebut, anda bisa menggunakan salep antiseptik.

Baca juga :
Itulah 5 tips menjaga kebersihan area intim saat menstruasi yang bisa anda lakukan. Jadi, agar terhindar dari infeksi yang membahayakan saat menstruasi, pastikan anda menjaga kebersihan intim anda ya, ladies? Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus