3 Masalah Kesehatan Jika Terlalu Sering Meludah Saat Berpuasa

Saat bulan puasa seperti sekarang ini, yang mengharuskan kita untuk tidak makan dan minum sepanjang hari tentu membuat mulut kita tidak nyaman. Bahkan terkadang membuat kita sering meludah ketika siang hari. Padahal sering meludah seperti itu terutama ketika sedang puasa justru bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Masalah Kesehatan Jika Terlalu Sering Meludah Saat Berpuasa

Nah, berikut ini adalah beberapa bahaya jika terlalu sering meludah pada saat sedang puasa, yang sebaiknya anda ketahui :

1. Sinusitis
Pada saat tenggorokan sedang dalam kondisi normal, tidak meproduksi lendir. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu dapat menyebabkan tenggorokan berlendir, seperti infeksi, iritasi maupun alergi. Karena itualh, sangat penting untuk mengetahui mengapa tenggorokan merasa tidak nyaman hingga merasa perlu meludah terlalu sering.  Bisa jadi karena adanya produksi lendir tersebut.

Pada umumnya, dari sekian banyak penyebab tenggorokan berlendir yang menahun adalah akibat radang pada rongga sinus atau yang disebut dengan sinusitis. Gejala dari penyakit ini adalah tenggorokan seperti berlendir terus. Lendir yang dirasakan seperti jatuh dari langit - langit tenggorokan atau yang disebut post nasal drip. Jika anda merasa terganggu dengan masalah ini, sebaiknya segera lakukan pengobatan medis dengan memeriksakannya pada dokter.

2. Dehidrasi
Jika anda terlalu sering meludah bisa - bisa mulut dan bibir anda akan terasa kering bahkan yang lebih parah bisa menyebabkan dehidrasi. Jika sedang dalam kondisi tidak puasa, anda bisa mengatasi ini dengan segera minum air putih. Namun ketika berpuasa, tentu hal itu tidak bisa anda lakukan. Untuk menghindari hal ini, kebiasaan terlalu sering meludah harus mulai diminimalisir kalau bisa segara hentikan.

3. Membuat sulit konsentrasi
Terlalu sering meludah karena merasa tidak nyaman pada tenggorokan juga bisa membuat anda kesulitan berkonsentrasi. Karena itulah, mengetahui bahwa menelan ludah saat puasa bukan hal yang membatalkan puasa, maka anda tidak perlu takut atau ragu lagi untuk menelan ludah anda.

Itulah 3 gangguan kesehatan jika terlalu sering meludah ketika puasa yang sebaiknya anda ketahui. Setelah mengetahui hal ini, mulai sekarang hindari kebiasaan sering meludah agar anda terbebas dari masalah kesehatan yang disebutkan diatas. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus