4 Makanan Sumber Vitamin A Lebih Banyak Dari Wortel

Makanan sumber vitamin A - Seperti yang dilansir wikipedia, vitamin A adalah salah satu jenis vitamin larut dalam lemak yang berperan penting dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik atau bisa dibilang sangat baik untuk kesehatan mata.  Vitamin ini dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu retinol, retinil asetat dan retinil palmitat. Sayangnya istilah vitamin A seringkali merujuk pada senyawa retinol dibandingkan senyawa lain karena senyawa inilah yang paling banyak berperan aktif di dalam tubuh kita.

Jika berbicara vitamin A ini, hal pertama yang terlintas pada pikiran kita adalah wortel. Sejak dulu, wortel memang sudah diketahui sebagai makanan dengan kandungan vitamin A yang tinggi didalamnya. Tetapi apa hanya wortel saja makanan yang banyak mengandung vitamin A? Tentu saja tidak, masih banyak makanan sumber vitamin A lainnya selain wortel, bahkan terdapat beberapa makanan yang justru kandungan vitamin A didalamnya melebihi kandungan vitamin A pada wortel.

Makanan sumber vitamin A

Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang mengandung lebih banyak vitamin A dibandingkan dengan wortel :

1. Ubi jalar
Selama ini anda pasti menganggap semua makanan yang berasal dari ubi hanya mengandung karbohidrat saja, padahal ubi yang satu ini juga kaya akan vitamin A. Ubi jalar yang berukuran sedang jika di kukus mengandung sekitar 21.909 IU retinol dan 1,096 miligram beta caroten. Jumlah itu akan memenuhi kebutuhan vitamin A harian anda.

2. Minyak ikan kod
Makanan sumber vitamin A selanjutnya adalah minyak ikan kod. Satu sendok minyak ikan kod mengandung 13.600 UI retinol dan 4 miligram beta caroten. Jika dibandingkan dengansetengah cangkir wortel, jumlah itu lebih banyak 8 kali lipat kandungan vitamin A-nya. Kabar baiknya lagi, selain tinggi vitamin A, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan kod bermanfaat untuk menyehatkan jantung, membersihkan kulit serta bisa melawan alzheimer.

3. Puree labu
Makanan yang banyak mengandung vitamin A lainnya adalah puree labu. Puree labu adalah variasi dari bubur dimana bahan utamanya menggunakan buah labu yang diproses dengan blender hingga lembut. Bahkan secangkir puree labu saja bisa memberikan anda 14.100 UI retinol serta 0,706 miligram beta caroten. Selain puree labu, pai labu dan kalengan labu juga bisa memberikan banyak vitamin A untuk kesehatan mata anda.

4. Kale
Nama makanan ini mungkin masih terdengar asing di telinga anda. Kale adalah makanan sejenis sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi. Makanan ini juga banyak mengandung vitamin A. Bahkan 4 cangkir kalee mengandung 70.829 UI retinol dan 3,5 gram beta caroten. Jumlah tersebut sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin A harian anda .

Itulah 4 jenis makanan sumber vitamin A lebih banyak dari wortel. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A, anda bisa saja membeli vitamin A dalam kemasan yang banyak dijual di apotik, atau jika tidak anda bisa empat makanan alami diatas. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus