7 Jenis Beras Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jenis beras dan manfaatnya bagi kesehatan - Salah satu jenis bahan makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi di indonesia adalah beras. Bahan makanan ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Hampir setiap hari, semua orang mengolah bahan makanan ini. Kandungan berbagai macam nutrisi di dalamnya menyimpan manfaat sehat untuk tubuh.

Di indonesia sendiri, beras yang paling banyak dikonsumsi adalah beras putih. Padahal masih banyak jenis beras lainnya selain beras putih, dan tentu masing - masing beras memiliki manfaat yang berbeda bagi kesehatan.

Jenis beras dan manfaatnya bagi kesehatan

Nah, berikut dibawah ini adalah berbagai macam jenis beras serta manfaatnya bagi kesehatan :

1. Beras putih
Beras putih merupakan makanan yang paling mudah dicerna baik oleh anak - anak maupun orang dewasa. Beras ini merupakan makanan paling umum dikonsumsi di negara - negara asia termasuk termasuk negara kita sendiri. Beras putih ini adalah makanan yang paling mudah diolah menjadi berbagai macam jenis makanan bahkan camilan.

Manfaatnya Beras putih bagi kesehatan : Mengonsumsi beras putih bermanfaat untuk mengurangi gangguan pencernaan seperti diare, radang usus besar dan juga morning sickness bagi ibu hamil.

2. Beras merah
Beras merah memiliki tekstur lebih jika dibandingkan dengan beras putih. Karena itulah, banyak yang tidak menyukai beras jenis ini. 

Manfaat beras merah bagi kesehatan : Beras merah bermanfaat untuk menjaga jumlah zat besi dalam tubuh yang membantu mengatur gula darah dan insulin. Kandungan vitamin B-6 didalamnya juga penting untuk menyeimbangkan pembentukan serotonin dan sel darah merah yang penting dalam produksi sel DNA.

3. Beras ketan
Beras yang satu ini sering digunakan oleh ibu - ibu di dapur sebagai bahan olahan kue. Sangat banyak jenis olahan makanan yang menggunakan bahan dasar beras ketan ini. Beras ini juga bisa dikonsumsi langsung setelah masak, rasanya pun terasa gurih.

Manfaat beras ketan bagi kesehatan : Beras ketan banyak mengandung zat tembaga yang dapat memperkuat jaringan ikat, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan fungsi otak yang sehat.

4. Beras basmati
Mungkin banyak orang yang belum mengetahui beras jenis ini. Beras basmati merupakan jenis beras yang berasal dari india. Satu cangkir beras basmati memiliki kandungan serat 20 persen lebih banyak jika dibandingkan dengan beras lain. Beras ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah.

Manfaat beras basmati bagi kesehatan : Kandungan serat yang tinggi didalam beras ini bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan kita.

5. Beras cokelat
Beras ini mempunyai bentuk dan warna yang hampir sama dengan dengan beras merah, sehingga orang kadang terkecoh ketika memilihnya. Sama halnya dengan beras putih, beras ini juga bermanfaat untuk kesehatan anda. Beras ini selain rendah pati dan kalori di dalamnya, juga sangat tinggi akan serat larut.

Manfaat beras cokelat bagi kesehatan : Kandungan minyak sehat dalam makanan ini mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh anda.

6. Beras hitam
Beras jenis ini sangat sulit ditemukan. Di daerah saya, beras hitem sering disebut juga beram item. Beras ini biasanya sering digunakan sebagai bahan campuran kolak.

Manfaat beras hitam bagi kesehatan : Kandungan zat anti inflamasi dan anti oksidannya yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya bermanfaat untuk mengobati alzheimer dan diabetes.

7. Beras jasmine
Beras jenis ini baisanya memiliki harga jauh lebih mahal jika dibandingan beras yang lainnya. Hal ini dikarenakan beras ini memiliki aroma yang harus dan menggugah selera. Warnanya pun sangat putih jika dibandingkan dengan beras putih. Ada juga beras pandan yang memiliki aroma seperti pandan. Beras jasmin juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Manfaat beras jasmine bagi kesehatan : Kandungan asam amino dalam beras jasmine bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit otot dalam tubuh anda.

Itulah 7 jenis beras serta manfaatnya bagi kesehatan. Silahkan dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan anda. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus