Gejala Diabetes Yang Perlu Anda Ketahui

Gejala Diabetes - Diabetes adalah salah satu penyakit yang masih ditakuti oleh semua orang. Diabetes atau yang lebih dikenal juga sebagai kencing manis menurut wikipedia adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan sintoma berupa hiperglekimia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat lemak dan protein sebagai akibat dari defisiensi sekresi hormon insulin ataupun defisiensi transporter glukosa.

Pada tahun 2013 lalu, Indonesia merupakan negara ke-4 di Asean dan nomer 7 di dunia untuk jumlah penderita diabetes terbanyak dengan jumlah sekitar 8,5 juta orang. Bahkan di prediksikan pada tahun 2020 indonesia akan memiliki jumlah penderita diabetes hingga mencapai 12 juta orang, karena yang mulai terkena diabetes semakin muda.

gejala diabetes

Untuk itulah, sebelum anda terserang diabetes juga, ada baiknya anda memperhatikan asupan gizi yang anda konsumsi serta mengurangi penggunaan gula yang berlebihan. Memang sebenarnya, diabetes tidak hanya disebabkan karena mengonsumsi gula yang berlebihan, masih banyak faktor lainnya yang dapat memicu seseorang terserang diabetes.

Selain itu, anda juga perlu untuk mengetahui apa saja gejala - gejala jika seseorang terkena diabetes. Sebab, jika anda sudah mengetahui gejalanya, maka penanganan terhadap penyakit ini bisa dilakukan sedini mungkin.

Berikut dibawah ini adalah gejala - gejala umum diabetes yang perlu anda ketahui :

1. Penurunan berat badan
Gejala diabetes yang pertama adalah anda akan mengalami penurunan berat badan. Penurunan berat badan biasanya secara drastis dan tidak dapat dijelaskan, dalam arti anda sedang tidak menjalankan program diet. Hal ini biasanya disebabkan karena keadaan tubuh yang tidak mampu menggunakan gula sebagai bahan bakar sehingga mulai mengambil lemak untuk dipecah dan diubah menjadi energi.

2. Sering buang air kecil dan sering merasa haus
Gejala umum diabetes selanjutnya yang perlu diketahui adalah seseorang akan sering buang air kecil serta sering merasa haus juga. Hal ini disebabkan oleh aktifitas ginjal yang banyak membuang kelebihan glukosa dalam darah sehingga menyerap lebih banyak cairan tubuh. Anda akan menjadi lebih mudah dehidrasi dan sering merasa haus.

3. Kelelahan dan mudah tersinggung
Rasa lelah dan tersinggung memang kerap terjadi pada seseorang dan hal itu merupakan hal yang wajar. Tetapi anda juga perlu mewaspadainya, sebab bisa saja itu merupakan gejala diabetes. Merasa lelah adalah gejala diabetes yang umum karena tubuh anda tidak dapat mengubah glukosa dalam darah menjadi energi yang dapat digunakan. Nah, seiring dengan kelaparan dan kelelahan tersebut, tidak jarang anda merasa teringgung ketika memiliki diabetes.

4. Penglihatan kabur
Gejala diabetes yang perlu anda ketahui selanjutnya adalah penglihatan anda akan terasa kabur. Hal ini biasanya disebabkan karena Jumlah kadar glukosa darah alam tubuh anda sangat tinggi, sehingga penglihatan anda akan terasa kabur.

5. Rasa lapar berlebihan
Gejala diabetes yang terakhir adalah anda akan sering merasa lapar yang berlebihan. Bukannya menggunakan gula sebagai bahan bakar energi, tubuh anda malah tidak dapat mengguakan glukosa yang anda miliki karena terlalu banyak dan sedang mencoba untuk memberitahu anda bahwa perlu lebih banyak bahan bakar untuk membuang kelebihan gula tersebut.

Itulah beberapa gejala diabetes yang perlu anda ketahui. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum anda terkena penyakit tersebut, ada baiknya anda memperhatikan pila hidup anda. Jangan lupa juga untuk mengenali gejalanya sehingga anda tidak akan terlambat untuk menanganinya. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi