Awas, 6 Kebiasaan Ini Bisa Picu Tumpulnya Daya Ingat

Seiring dengan menuanya usia, biasanya akan diikuti dengan kemampuan otak yang menurun pula, resiko menjadi pikun pun semakin besar. Tapi tidak menutup kemungkinan pula bagi yang berusia muda mengalami kondisi ini. Apalagi jika dalam kehidupannya selalu dihinggapi rasa stres serta tekanan baik dari segi pekerjaan atau hubungan dapat mempengaruhi ketepatan kognitif seseorang.

Awas, 6 Kebiasaan Ini Bisa Picu Tumpulnya Daya Ingat

Tidak hanya stres saja yang bisa memicu tumpulnya daya ingat seseorang, beberapa kebiasaan yang sering dilakukan setiap harinya pun, diam - diam bisa membuat mereka mengalami hal ini. Dan ironisnya, mereka tidak menyadari hal ini sekalipun. Nah, apa saja kebiasaan tersebut? Berikut pejelasannya :

1. Melewatkan sarapan
Sudah makin banyak orang yan melewatkan hal ini. Padahal untuk bisa menjalankan kegiatan setiap harinya, diperlukan tenaga fisik dan otak yang seimbang. Nah, jika anda melewatkan sarapan maka bisa mempengaruhi kinerja otak untuk bekerja maksimal. Kebutuhan nutrisi bagi otak harus dipenuhi dengan seimbang. Ketika tubuh kekurangan gizi maka maka kinerja otak manusia akan menurun bahkan bisa juga menurunkankan tingkat gula darah dalam tubuh.

2. Dehidrasi
Dehidrasi atau kekurangan cairan tidak hanya bisa membuat tubuh lemas, tetapi juga bisa mempengaruhi kinerja otak anda. Kondisi ini dikarenakan pada saat tidak ada air yang masuk ke dalam tubuh mengakibatkan tubuh meminjam air dari otak sehingga otak pun kesulitan untuk berpikir.

3. Merokok
Nah, ini peringatan bagi anda yang suka merokok. Rokok yang yang anda hisap tidak hanya memicu penyakit seperti kanker paru - paru, impotensi serta penyakit berbahaya lainnya tetapi juga bisa memberi dampak buruk bagi otak anda. Hal dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan Mcgill University yang menyebutkan bahwa merokok menyebabkan penipisan korteks dari waktuu ke waktu, bahkan dalam jangka panjang bisa menurunkan kemampuan memori otak.

4. Jarang berpikir
Tidak hanya otot saja yang membutuhkan latihan agar tetat kencang, otak pun juga demikian. Organ tubuh untuk berpikir ini berkembang sesuai dengan penggunaannya. Ketika seseorang menjalani hidup lamban dan membosankan mengakibatkan otak jarang berpikir sehingga menghasilkan daya ingat yang menurun. Guna menghindari hal ini dan membuat otak anda tetap berkembang, coba latih daya ingat dengan mengisi teka - teki silang, atau bermain sudoku misalnya.

5. Makan berlebih
Makan dalam jumlah yang tak wajar juga dapat membuktikan resiko buruk bagi otak manusia. Akibat makan berlebih otak akan berada di kondisi tak berimbang dalam produksi insulin.

6. Banyak mengonsumsi makanan manis
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tingkat kadar gula darah dalam tubuh yang berlebih membuktikan kurangnya memori dan kemampuan belajar sesorang. Ini juga bisa diartikan bahwa makan gula terlalu banyak bisa membuat orang menjadi bodoh.

Baca juga :
Itulah beberapa kebiasaan yang diam - diam bisa memicu tumpulnya daya ingat anda. Sama halnya dengan tubuh, otak anda juga memerlukan nutrisi dal latihan yang seimbang agar tetap bisa berperan dengan baik. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus