Waspadai 6 Makanan Penyebab Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit yang terbentuk dari mineral dan asam garam. Pada skenario umum, batu ginjal terbentuk ketika urine berkonsentrasi , mineral mnegkristal dan menggumpal. Penyakit ini biasanya dimulai pada sisi tubuh atau punggung, dibawah pinggul serta bergerak ke perut bagian bawah dan pangkal paha. Rasa nyeri yang timbul berubah seiring dengan pergerakan batu ginjal pada saluran urin.

Makanan Penyebab Batu Ginjal

Penyakit ini bisa disebabkan banyak hal. Orang yang rentan terhadap penyakit batu ginjal umumnya adalah orang yang kurang minum, konsentrasi alkohol yang berlebihan, kelebihan berat badan serta masalah pencernaan atau diet yang tidak tepat. Selain itu, pemicunya juga bisa berasal dari makanan yang anda konsumsi. 

Nah, berikut adalah beberapa makanan yang bisa memicu batu ginjal, seperti yang dilansir Boldsky.com :

1. Kafein
Terlalu banyak mengonsumsi kafein seperti kopi ataupun yang lainnya bisa meningkatkan sekresi kalsium dan memicu batu ginjal. Banyak mengonsumsi kafein juga bisa memicu dehidrasi karena sifat diieuretiknya, dan dehidrasi juga merupakan pemicu utama penyebab batu ginjal.

2. Alkohol
Minuman beralkohol memang tidak bagus untuk kesehatan, bahkan jika berlebihan mengonsumsinya bisa merusak ginjal dan hati. Tidak hanya itu saja, alkohol juga bisa mengganggu fungsi normal ginjal dan meningkatkan resiko batu ginjal.

3. Daging merah
Daging merah dengan kandungan proteinnya yang tinggi juga bisa meningkatkan resiko batu ginjal karena kadar asam uratnya.

4. Garam
Salah satu bumbu dapur ini jika dikonsumsi berlebihan selain bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan memicu tekanan darah, juga bisa sebabkan penyakit ginjal. Karena itulah, Cara terbaik untuk cegah penyakit batu ginjal adalah dengan mengurangi asupan garam.


5. Minuman berkarbonasi
Makanan penyebab batu ginjal selanjutnya adalah minuman berkarbonasi. Terlalu sering mengonsumsi minuman berkarbonasi seperti soda serta minuman energi lainnya juga dapat meningkatkan resiko penyakit batu ginjal. Bahkan ada sebuah studi menyebutkan bahwa minuman berkarbonasi mengandung asam frostat yang menyebabkan batu ginjal serta meningkatkan resiko penyakit ginjal kronis.

6. Pemanis buatan
Menurut penelitian, orang yang terlalu sering konsumsi minuman pemanis buatan bisa meningkatkan resiko batu ginjal.

Demikianlah 6 makanan penyebab batu ginjal yang sebaiknya anda batasi ketika mengonsumsinya. Jangan lupa, terapkanlah pola hidup serta makan sehat agar anda jauh dari beragam penyakit. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus