Portal informasi kesehatan, kecantikan dan gaya hidup terkini

Sabtu, 07 November 2015

5 Makanan Yang Sebaiknya Anda Hindari Selama Kehamilan

Masa kehamilan merupakan saat yang membahagiakan bagi seorang calon ibu. Terlepas dari membesarnya perut atau ketidak leluasaan saat bergerak, tidak menyurutkan rasa bahagia mereka. Keluhan kehamilan seperti pusing dan morning sickness pun, walaupun mengganggu tidak akan mengendorkan semangat mereka menunggu kelahiran sang bayi hingga 9 bulan.

Tapi sayangnya, saat hamil wanita tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Banyak pantangan yang harus mereka hindarkan. Salah mengonsumsi makanan bisa memberi resiko bagi kehamilan dan calon bayi mereka.

Makanan Yang Sebaiknya Anda Hindari Selama Kehamilan

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan, seperti yang blog kesehatan ini lansir dari Justmommies.com :

1. Telur mentah
Saat hamil, telur mentah sebaiknya dihindari saja sebab sangat rawan dengan paparan kontaminasi salmonella. Tidak hanya telur mentah saja, makanan lainnya yang bahannnya menggunakan telur mentah seperti mayonaise, es krim rumahan, serta makanan lainnya sebaiknya anda jauhi juga.

2. Alkohol
Meskipun anda penggemar minuman beralkohol, tetapi saat masa kehamilan minuman ini juga harus anda hindari bahkan harus anda harus berhenti mengonsumsinya sama sekali. Sebab, paparan alkohol selama masa kehamilan sudah terbukti berkaitan erat dengan kelahiran prematur, berat badan bayi yang rendah saat lahir serta bisa menyebabkan gangguan mental pada bayi.

3. Ikan dan daging mentah
Ikan mentah serta segala jenis daging seperti daging sapi, ayam ataupun kambing yang dimasak setengah matang juga harus anda hindari selama masa kehamilan. Hal ini dikarenakan semua makanan tersebut memiliki resiko terkontaminasi bakteri, toxoplasma serta salmonella.

4. Ikan dengan merkuri
Tidak hanya ikan mentah saja, ikan yang mengandung merkuri di dalamnya seperti ikan hiu, king makerel, sworffish dan tilefish juga sebaiknya dihindari saat hamil. Merkuri sangat erat kaitannya dengan terlambatnya proses tumbuh kembang janin di dalam kandungan serta kerusakan otak janin.

5. Kafein
Mengonsumsi kafein seperti kopi atau minuman lainnya memang boleh - boleh saja, tetapi ada baiknya batasi hanya dalam jumlah 200 mg saja perharinya. Tapi sebaiknya, anda hindari saja konsumsi kafein terutama pada trimester awal kehamilan untuk mengurangi resiko keguguran.

Baca juga :

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan. Daripada mengonsumsi makanan tersebut, lebih baik perbanyak konsumsi air mineral, jus buah atau sayuran serta susu yang baik untuk kehamilan. Semoga bermanfaat.
5 Makanan Yang Sebaiknya Anda Hindari Selama Kehamilan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: queenara putri