Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini Agar Tubuh Cepat Pulih Dan Bugar Usai Sakit

Pasca sakit, anda tentu masih belum bisa beraktifitas kembali seperti biasanya. Hal ini dikarenakan tubuh masih belum bugar sepenuhnya. Biasanya tubuh anda masih terasa lemas, bahkan rasa pusing masih seringkali muncul. Jika kondisi ini tidak tertangani dengan baik, bisa jadi anda akan mengalami sakit kembali.


Anda tentu tidak ingin berbaring terus - terusan bukan? Apalagi pekerjaan anda sudah sudah menumpuk menunggu anda. Pulih dengan cepat setelah sakit adalah solusinya. Nah, agar tubuh anda cepat  kembali pulih dan bugar pasca sakit, cobalah konsumsi beberapa jenis makanan ini :

1. Buah dan sayur
Saat sembuh dari sakit, mengonsumsi buah dan sayura sangat penting dilakukan, terutama untuk menjaga sistem pencernaan agar lancar. Beberapa buah dan sayur terdapat diantaranya yang mengandung antioksidan tinggi sehingga bisa membantu tubuh mengeluarkan racun lebih efektif. Bahkan Teh Cleveland Clinic Menyarankan agar setiap harinya orang yang baru sembuh dari sakit mengonsumsi lima porsi buah dan sayur. Dalam satu porsinya bisa meliputi secangkir buah ceri, sepotong buah melon, satu buah pisang berukuran sedang, dua sendok makan buah kering serta secangkir sayur segar.

2. Probiotik yang mengandung bakteri baik
Pada tahun 2007, sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh British Medical Journal menemukan bahwa minuman probiotik mengandung bakteri sehat L bulgaricus, L casei serta S thermopilus. Kandungan dalam probiotik tersebut sangat bagus untuk membuat anda pulih pasca sakit. Bahkan para peneliti menyarankan agar makanan probiotik ini juga sering dikonsumsi untuk mempercepat proses penyembuhan. Salah satu makanan probiotik yang bisa anda konsumsi dan mudah ditemukan adalah yougurt.


3. Makanan berprotein tinggi
Tahukah anda, semua sel, jaringan serta organ dalam tubuh anda sebagian besar tersusun dari asam amino. Azam amino ini merupakan zat penyusun yang umumnya terkandung dalam makanan yang kaya protein. Bahkan para peneliti merekomendasikan agar kita mengonsumsi 46 - 56 gram protein setiap harinya. Untuk mendapatkan protein tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh, anda bisa mengonsumsi daging sapi, daging unggas, ikan, kacang - kacangan, tahu, telur, susu rendah lemak serta yang lainnya.

4. Makanan yang mengandung vitamin C
seseorang mengalami sakit dikarenakan sistem kekebalan tubuh mereka yang menurun. Nah, saat anda sembuh cobalah konsumsi vitamin C untuk membantu memulihkan sistem kekebalan tubuh anda kembali. Tidak hanya itu saja, vitamin C juga bisa melindungi sel - sel tubuh dari kerusakan. Untuk mendapatkan vitamin C yang cukup, anda bisa mengonsumsi buah jeruk, tomat serta sayuran seperti brokoli, kembang kol, paprika serta sawi. Setiap harinya bagi orang dewasa, penuhi kebutuhan vitamin C paling tidak sejumlah 75 - 90 miligram.


Itulah 4 jenis makanan yang harus dikonsumsi agar cepat pulih dan bugar setelah sakit.  Selain makanan tersebut, agar membantu anda cepat pulih coba istirahatlah yang cukup serta penuhi kebutuhan cairan tubuh anda dengan minum yang cukup. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

6 Indikator Tubuh Sudah Kehabisan Energi