Ingin Cegah Penyakit Jantung Sejak Dini? Terapkan 6 Pola Makan Sehat Ini

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Anda pasti pernah mendengar kalimat itu, kan? Ya, mengobati suatu penyakit lebih rumit dan memerlukan biaya serta perhatian besar. Belum lagi jika penyakit tersebut sudah sangat parah, peluang untuk sembuh pun kemungkinannya sangat kecil. Beda halnya dengan mencegah, kita hanya perlu menerapkan gaya hidup serta pola makan sehat, resiko terserang berbagai penyakit pun bisa dihindari.

Ingin Cegah Penyakit Jantung Sejak Dini? Terapkan 6 Pola Makan Sehat Ini

Begitu juga dengan penyakit jantung, anda bisa mencegahnya sedini mungkin. Penyakit mematikan yang bisa menyerang secara tiba - tiba ini, ternyata bisa anda cegah hanya dengan menerapkan beberapa pola makan sehat berikut ini :

1. Jangan berlebihan konsumsi garam
Banyak mengonsumsi makanan terutama yang banyak mengandung garam di dalamnya bisa berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi. Sedangkan tekanan darah tinggi sendiri merupakan penyebab utama yang bisa meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular seperti jantung. Jadi sebaiknya batasi konsumsi garam anda. Untuk orang dewasa sebaiknya tidak konsumsi garam lebih dari 2300 mg perhari atau sekitar satu sendok teh.

2. Batasi lemak tak sehat
Sama halnya dengan garam, membatasi konsumsi lemak tak sehat seperti lemak jenuhjuga penting untuk mengurangi kolesterol dan menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Konsumsi lemak tak sehat juga bisa meningkatkan level kolesterol sehingga bisa menyebabkan penumpukan plak di arteri.

3.Kontrol porsi makan
Berapa kali anda makan dalam sehari? Lalu, banyakkah porsinya? Nah, untuk mencegah penyakit jantung sejak dini cobalah mulai saat ini, kontrol porsi makan anda. Gunakan piring kecil untuk membantu mengontrol porsi makan anda. Saat makan, berikan porsi besar pada makanan rendah kalori dan kaya nutrisi seperti buah dan sayur. Sedangkan untuk makanan yang tinggi kalori, banyak mengandung garam serta makanan olahan lainnya, konsumsi dalam porsi yang kecil saja.

4. Pilih sumber protein sehat
Untuk mendapatkan sumber protein sehat yang bagus untuk kesehatan tubuh, anda bisa memilih daging tanpa lemak, ikan, produk susu rendah lemak serta telur. Jika dibandingkan dengan daging, protein pada ikan merupakan alternatif terbaik. Apalagi ikan juga diketahui mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk menurunkan lemak darah (trigliserida). Selain dari makanan yang disebutkan sebelumnya, anda juga bisa mendapatkan sumber protein dari sayuran (protein nabati) seperti buncis, kacang polong serta lentil.

5. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
Pola makan sehat untuk mencegah penyakit jantung sejak dini selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah - buahan serta sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik serta rendah kalori dan kaya serat. Bagusnya lagi, buah dan sayur juga mengandung zat - zat yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

6. Konsumsi biji - bijian
Sumber serat dan nutrisi selain dari buah dan sayur, juga bisa anda dapatkan dari biji - bijian seperti beras merah, gandum, barley dan yang lainnya. Makanan ini berperan mengatur tekanan darah serta kesehatan jantung anda. 

Baca juga :
Demikianlah 6 pola makan sehat yang bisa anda terapkan untuk mencegah penyakit jantung sejak dini. Tidaak hanya cegah penyakit jantung saja, menerapkan pola makan sehat diatas, juga bisa membuat anda sehat secara keseluruhan. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Dibalik Baunya, Kentut Ternyata Memberi 3 Manfaat Sehat Ini

5 Makanan Sumber Vitamin A

Tips Dan Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus